Berbagai Strategi Digital Marketing yang Patut Dicoba Pengusaha

Addiction.id-Jakarta Di era digital dan di masa pandemi COVID-19 ini, digital marketing sangat diandalkan oleh para pengusaha. Selain karena cepat dan bisa menjangkau audiens yang luas, metode ini tak membutuhkan banyak biaya dan lebih efektif.

Bukan cuma itu, digital marketing juga memudahkan pengusaha untuk melakukan evaluasi pemasaran. “Kalau di digital, kita bisa melihat jumlah pengunjung website pengusaha, jumlah orang yang lihat produk, atau melihat iklan. Ini semua bisa kita lihat dengan mudah,” sambung Kuswantoro, Managing Director of Redcomm Indonesia, Kamis (17/6).

Ia kemudian membeberkan cara atau platfrom digital apa saja yang saat ini umum digunakan pengusaha dalam strategi digital marketing. Pertama, website. Menurutnya, website sangat penting dan wajib dalam digital marketing.

“Kenapa? Website itu bisa meningkatkan kredibilitas pengusaha dalam menjual produk. Terkadang konsumen ingin tahu siapa yang ada di balik bisnis atau produk. Terkadang nggak jarang juga sering juga dijumpai bahwa orang yang mau membeli produk, saat mereka nggak tahu kejelasan produk dan nggak bisa menemukan website resminya, mereka bisa nggak jadi beli produknya,” jelas Kuswantoro.

“Maka dari itu, informasi tentang produk bisa lebih detail disampaikan di website. Nanti bisa ditambahkan fitur-fitur tambahan yang bisa membantu. Misalkan fitur live chat, jadi kalau mereka mau bertanya, mereka mau komplain, di situ (website) juga bisa ditanggapi,” lanjutnya.

Selain website, berdayakan search engine. Cara ini membantu website atau konten pengusaha berada di halaman terdepan di sebuah mesin pencari. Sehingga semakin banyak orang yang mengunjungi website atau konten.  

Strategi selanjutnya ialah dengan menggunakan media sosial. “Platform ini bukan sekadar gallery product atau konten, melainkan juga untuk membangun hubungan, membangun relasi dengan customer, termasuk untuk berinteraksi dan melibatkan mereka dalam promosi,” tutur Kuswantoro.

Strategi keempat ada email marketing. Dengan cara ini, pengusuaha perlu mengirimkan informasi produk ke alamat email audiens. Dalam hal ini, pengusaha perlu menggelontorkan biaya untuk mendapat database para pelanggan atau calon pelanggan.

Adapun strategi yang saat ini sedang populer adalah  influencer marketing. Menurut Kuswantoro, influencer punya  pengaruh yang sangat besar terhadap pengikutnya. “Nggak jarang banyak pengikut atau banyak orang yang mau membeli produk yang diiklankan oleh influencer-nya. Kenapa? Karena mereka begitu loyal, begitu mengidolakan,” pungkas dia.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :