Tren Digital yang Mesti Diketahui Para Pengusaha

Hana Novitriani, Direktur i-dac Indonesia

Addiction.id-Jakarta Selama pandemi COVID-19, kebanyakan masyarakat berbelanja secara online. Di lain sisi, hal ini turut berimbas pada peningkatan pemanfaatan platform digital di kalangan para pengusaha, yang juga memengaruhi cara mereka promosi.

Tak ayal bila hal itu terjadi, bahkan menjadi tren. Pasalnya, menurut Directur i-dac Indonesia Hana Novitriani, platform digital seperti e-commerce, media sosial, dan website memang dibutuhkan oleh para pengusaha di masa pandemi ini. Berbagai platfom ini bisa membantu pengusaha untuk mempromosikan produknya.

“Nah, UMKM wajib mencoba. Banyak platform digital yang bisa memfasilitasi pengusaha untuk menyalurkan iklan, untuk memperkenalkan produk,” kata Hana saat di kelas online Maju Bareng TikTok, Kamis (17/6).

Sebelum promosi itu, kata dia, pengusaha biasanya memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk membantu menargetkan pasar—yang belakangan ini juga menjadi tren.

“Biasanya kalau mau berbisnis itu kan harus riset dulu ya. Nah, AI itu bicara tentang riset. Dengan online riset ini, melalui AI, bisa membantu mendapat data. Misalnya, kita akan dapat info soal penggemar seblak ada di area mana, kemudian rasa apa yang diharapkan. Bahkan kita bisa tahu hal apa yang sedang jadi tren di masyarakat,” jelasnya.

Hana mengatakan, hal itu merupakan salah satu keunggulan dari platform digital. “Jadi bisa lebih fokus untuk mencapai target dan customer,” sambung dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dari sekian banyak tren bisnis, ada satu yang mesti dipertimbangkan pengusaha yaitu video marketing. “Video-video ini bisa digunakan untuk alat pemasaran,” imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa membuat video marketing di era sekarang ini begitu mudah. “Sekarang kan sudah banyak platform-platfrom yang membantu pembuatan video, bahkan dengan handphone aja bisa. Banyak aplikasi yang sudah tersedia di internet. Jadi, teman-teman bisa cari di situ,” katanya.  

“Itu dia tren yang saya highlight, di samping itu masih ada tren lagi 2021 ini,” pungkasnya.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :