Tantangan Pengusaha dalam Memanfaatkan Teknologi Digital

Addiction.id-Jakarta Digital presence atau kehadiran melalui pemanfaatan teknologi digital disebut sebagai salah satu kunci keberhasilan digital marketing. Meski pemanfaatannya tampak mudah, justru pengusaha sering kali dihadapi dengan beragam tantangan. Tak jarang kemudian mereka gagal di tengah jalan.

Menurut Directur i-dac Indonesia Hana Novitriani, tantangan paling besar berasal dari diri pengusaha itu sendiri atau internal challenge. Ia mengatakan, saat memulai usaha atau bisnis, pengusaha cenderung berpikir bagaimana produk laku dan bagaimana bisa bersaing dengan produk lain.

“Nah, kadang-kadang kita lupa bahwa kita mesti clear memahami produk kita seperti apa. Challenge terbesar biasanya dari situ,” jelasnya, di kelas online Maju Bareng TikTok, Kamis (17/6).

Hana mengatakan bahwa tantangan itu bisa diatasi dengan cara memahami produk sendiri. “Kita mesti clear dulu, harus punya clarity atau kejelasan tentang produk sendiri. Ini ‘kan produk kita sendiri, kita mesti tahu apa pun tentang produk ini,” pungkasnya.

“Bagaimana menggunakannya, pahami apa kekuatannya, apa kelebihannya. Kemudian bayangkan produk akan dibeli orang yang seperti apa dan di mana. Nah, dari situ kita juga bisa menemukan orang-orang potensial yang bisa beli produk kita,” lanjut Hana.  

Tantangan lainnya yaitu biasanya pengusaha ingin cepat langsung dikenal, dibeli, dan laku.Hana mengatakan, meski pemanfaatan digital terkesan cepat, pengusaha tak perlu terburu-buru. Terlebih bila si pengusaha belum memahami produknya sendiri.

“Cepat boleh, tapi jangan terburu-buru. Bagaimana pun juga ada prosesnya. Kalau kalian tahu jari-jari orang (bermain gawai), mereka nggak bakal langsung beli barang. Mereka cenderung membandingkan produk sebelum akhirnya beli,” jelas dia.

Selama proses itu, lanjut Hana, pengusaha harus punya tujuan yang jelas. “Nggak apa-apa di awal ini kita fokus bikin orang tahu kita dulu. Meski hal ini nggak perlu lama-lama, kita juga harus mengembangkan produk yang ‘lebih’ lagi. Semua ini harus ada tujuan yang harus kita capai,” pungkasnya.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :