Ajak Animator, TikTok Bikin Kampanye Anti-Bullying

Addiction.id-Jakarta Kamu bakal melihat sejumlah animasi baru di akun TikTok. Sebab baru-baru ini, perusahaan bekerja sama dengan enam animator kenamaan untuk membuat video kampanye melawan bullying atau perundungan. 

Semua video disusun dan dibuat oleh para animator. Melalui karya, mereka menunjukkan perspektif mereka tentang tekanan yang dihadapi oleh konten kreator di platform.

Adapun salah satu konten kreator yang bekerja sama itu ialah King Science, yang kini memiliki 11,6 juta pengikut. Selain itu, kampanye ini juga menampilkan AmyRightMeow, Recokh, Kelly Emmrich, Rosie.gif, dan milkymichii.

@tiktoktips

Always remember that words have power. Next time you comment, choose words that empower 👏 #CreateKindness

♬ original sound – TikTok Tips

Inisiasi TikTok itu pun turut menggetarkan semangat komunitas animasi. Diketahui, platform ini memang menjadi keuntungan bagi animator, sebab format video pendeknya memungkinkan mereka membuat karya yang baik dan konsisten, serta menarik audiens.

TikTok memandang kampanye itu sebagai salah satu bagian dari strateginya untuk memerangi kekerasan atau pelecehan. Di waktu yang bersamaan, perusahaan juga ingin memastikan bahwa pengguna mengetahui kebijakan platform. “Sehingga jika video Anda dihapus, itu bukanlah satu-satunya waktu bagi Anda untuk mempertanyakan kebijakan”, kata Direktur Kebijakan TikTok di AS Wadhwa, dikutip dari The Verge, Kamis (10/6).

Diketahui, perusahaan telah membuat sejumlah pembaruan pada platformnya dalam setahun terakhir, termasuk dalam menanggapi bullying. Kini ada pop-up yang akan memperingatkan pengguna jika mereka mengunggah komentar jahat. Sementara itu, konten kreator kini bisa melaporkan dan memblokir pengguna, serta menghapus komentar secara massal.

Meski begitu, upaya tersebut dinilai tak bisa selalu melindungi setiap konten kreator. “Semua ini (upaya platform) tidak akan menyelesaikan masalah ini dengan mudah,” imbuh Wadhwa. (LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :