Pengiklan di Asia Tenggara Gelontorkan Lebih Banyak Anggaran Untuk Iklan Video Selular

Addiction.id-Jakarta Pandemi COVID-19 membikin para pengiklan menggelontorkan lebih banyak anggaran untuk iklan video selular atau mobile video advertising. Ini merupakan bentuk adaptasi mereka karena selama pandemi, audiens iklan banyak menghabiskan waktu di rumah. 

Menurut laporan InMobi, anggaran untuk iklan video tumbuh hingga 65% sepanjang 2020. Peningkatan ini terjadi karena pengiklan di industri barang konsumsi, game, dan layanan keuangan berinvestasi di  iklan video selular.

“Perangkat seluler sekarang bisa memberi pengalaman video yang hampir mulus kepada pengguna, yang sangat signifikan di Asia Tenggara karena ukuran pasar di sini,” ujar Rishi Bedi, Wakil Presiden InMobi untuk Asia Tenggara, Jepang, dan Korea, dikutip dari The Drum pada Rabu (9/6).

Brand menyadari potensi pemasaran video dalam menciptakan hubungan nyata dengan pelanggan mereka. Dari orientasi dan waktu hingga penargetan dan penempatan promosi, mengadopsi strategi iklan video terprogram yang tepat sangat penting bagi perusahaan agar dikenal konsumen yang mengutamakan selular,” jelas dia.

Selain itu, masih menurut laporan yang sama, click rates tayang atau click-through rates (CTRs) didorong oleh video dalam aplikasi mengungguli format lainnya, yakni sebesar 179% atau tumbuh tiga kali lipat dari tahun ke tahun (year on year/YoY).

Video lanskap memiliki CTR 47% lebih tinggi—tumbuh enam kali lipat YoY, dibandingkan dengan format iklan bergambar statis seperti spanduk dan baliho.

Pengiklan dari industri ritel, belanja, dan media sosial telah banyak berinvestasi dalam video lanskap. Ini  terjadi karena media ini dianggap mudah untuk berinvestasi, terlebih saat sedang menekan anggaran promosi.

Sementara itu, CTR video vertikal telah mengalami pertumbuhan 196% YoY, angka ini tumbuh dua kali lebih tinggi daripada format lainnya.

Dengan demikian, laporan ini juga menunjukkan bahwa video vertikal menjadi format pilihan bagi pemasar dari industri belanja, sosial, dan game saat ini.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :