Modal Minim, Pebisnis Ini Kini Dapat Omzet Miliaran

Addiction.id-Jakarta Meski mengawali bisnis dengan modal minim, kini pasangan Fajar Nugraha dan Ira Hanira bisa punya omzet miliaran rupiah per bulan di bawah jenama Adorable Projects.

Keduanya mengawali bisnis di 2008 dengan modal Rp182 ribu. Modal ini mereka gunakan untuk membuat pernak-pernik berbahan akrilik bekas, yang kemudian dibuat menjadi cincin, kalung, hingga gelang dengan berbagai bentuk.

“Itu ‘kan modalnya murah banget, itu ‘kan limbah-limbah bekas bikin neon box, orang bikin kotak sumbangan gitu-gitu kan,” tutur Fajar, belum lama ini.

Ira Hanira dan Fajar Nugraha

Hasil karya mereka mulanya hanya dijajakkan ke orang-orang terdekat. Seiring berjalannya waktu, bisnis mereka terus berkembang.

“Dari 2008 bikin aksesoris itu dulu top-topnya itu (omzet) sebulan Rp 30-40 jutaan tuh dulu,” ungkap Fajar.

Ia mengatakan, pendapatan yang diperoleh terus saja digunakan untuk modal usaha agar bisnis terus berkembang. Hingga akhirnya mereka beralih menjual sepatu pada 2010. Mereka memasok sepatu ini dari para perajin berskala kecil.

Mulai 2016, mereka bisa menyetok 30 ribu pasang sepatu dan kini terus saja bertambah. “Sampai sekarang 2021 ini bisa sampai 60 ribu pasang,” imbuh Fajar.

Ia menambahkan, dalam setahun, paling sedikit bisa menjual 100 ribu sampai 200 ribu pasang sepatu. Jumlah sepatu yang dijual juga bergantung jumlah pasokan dari perajin. “Kalau misalkan tepat, itu bisa jualan banyak ya sampai 200 ribu, sedikitnya 100 ribu (pasang sepatu) gitu,”

“Kalau dirupiahin ya satu bulan mungkin sekitar bisa Rp 1 miliar, Rp 3 miliar,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Adorable Projects juga menjual tas dan pakaian. Namun, 70% barang yang terjual ialah sepatu. Pasangan ini memasarkan produknya melalui akun Instagram @adorableprojects.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :