Google Beri Opsi Matikan Pelacakan Iklan

Addiction.id-Jakarta Menyusul kebijakan Apple, Google juga akan merilis fitur antipelacakan iklan di ponsel pada tahun ini.  

Menurut laporan Bloomberg belum lama ini, jika antipelacakan iklan diaktifkan, pengembang tak bisa lagi melihat data pengguna yang unik untuk menargetkan iklan. Dengan begitu, pengguna tak akan lagi menerima iklan yang dipersonalisasi.  

Google akan merilis pembaruan ini untuk layanan Google Play. Pada tahap awal, pembaruan ini hanya tersedia untuk perangkat Android 12. Sementara, Android versi lama baru bisa mendapatkannya pada 2022.

Phone Arena menyebutkan bahwa metode antipelacakan iklan tersebut akan berbeda dengan milik iOS. Diketahui, Apple pada iOS 14.5 ke atas menyediakan tombol untuk mematikan pelacak pada setelan aplikasi.  Pada Android nanti, Google akan menyediakan tombol geser yang bisa langsung menonaktifkan pelacakan untuk semua aplikasi.

Meski begitu, belum diketahui pasti kapan Google merilis fitur antipelacakan iklan itu.

Untuk diketahui, perangkat Android saat ini punya opsi untuk mematikan iklan yang dipersonalisasi. Namun, GSM Arena melaporkan bahwa aplikasi masih bisa meminta ID iklan untuk keperluan analisis.

Adapun untuk mematikan personalisasi iklan, pengguna mesti buka setelan, kemudian pilih Google. Pilih Ads atau iklan, lalu geser ke kiri pada “opt out of Ads Personalization”.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :