Tokopedia Dongkrak Penjualan UMKM Lokal

Addiction.id-Jakarta Tokopedia menggelar kampanye “Home Living SALEbrations Mid-Year Sale” pada tanggal 1 hingga 30 Juni 2021. Untuk diketahui, penggelaran kampanye ini dilatarbelakangi oleh temuan perusahaan bahwa pencarian produk kategori Home and Living meningkat dua kali lipat di platformnya selama kuartal I 2021.

Selain berkah bagi konsumen karena banyak promo, kehadiran kampanye ini pun menjadi panggung bagi para pengusaha, khususnya UMKM lokal, untuk terus beradaptasi di tengah pandemi COVID-19 dengan manfaatkan teknologi digital, seperti platform Tokopedia.

Salah satu UMKM lokal itu ialah Sleep Buddy Bedding. Pemiliknya, Indah Catur Agustin, menjual seprai di bawah nama brand-nya pada 2009. Baru di 2017, ia memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia untuk berjualan.

“Kini 80% penjualan kami berasal dari Tokopedia. Transaksi di toko kami juga naik hampir 20x lipat pada Q1 2021 dibanding Q1 2020. Omzet di Tokopedia bisa mencapai lebih dari Rp 900 juta,” terang Indah.

“Lewat Tokopedia, nama Sleep Buddy Bedding sekarang bisa dikenal masyarakat di luar Surabaya,” sambungnya.

Hal serupa pun dialami oleh pemilik Dekornata, Giovanno Warli. Melalui brand yang didirikan pada 2018 ini, ia menjual berbagai produk olahan kayu, mebel dan dekorasi rumah.

Giovanno bergabung di Tokopedia pada Juni 2018. Sejak saat itu, penjualan Dekornata terus meningkat. “Bahkan selama pandemi, omzet kami pun melonjak hingga 3x lipat,” ujarnya.

Ia pun turut membeberkan sejumlah strategi yang ia lakukan demi meningkatkan penjualan di masa pandemi COVID-19 ini. “Selain aktif mengikuti kampanye di Tokopedia, salah satunya ‘Home Living SALEbrations’, kami juga rutin berinovasi produk, seperti peralatan makan, pot tanaman hias hingga parsel Ramadan. Juga berinovasi memanfaatkan teknologi AR agar pembeli bisa ‘mencoba’ produk Dekornata tanpa harus keluar rumah,” jelas dia.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :