Upaya Pemerintah Dorong 30 Juta UMKM Go Digital

Addiction.id-Jakarta Pemerintah Indonesia menargetkan 30 juta UMKM sudah go digital per akhir 2021 ini. Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM Kementerian Koperasi dan UKM Dwi Andriani Sulistyowati berpendapat bahwa beriringan dengan target ini, sekarang ada banyak tantangan yang membutuhkan respons cepat dan strategi berstuktur.

“Khususnya inovasi dan transformasi digital untuk UKM bangkit di masa pandemi. Pada 2020 terbukti, UMKM yang terhubung dengan platform digital-lah yang bertahan,” ujar dia, Kamis (27/5).

Menurut Dwi, masih ada kesenjangan perihal penetrasi digital di kalangan UMKM. Sementara itu, pasar tengah membutuhkan platform digital untuk memasarkan produk dan transaksi di tengah keterbatasan di masa pandemi COVID-19.

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mengatakan bahwa pemerintah sangat mendukung para pelaku UMKM untuk mengadopsi teknologi digital.

“Kita mempersiapkan Indonesia 4.0 sudah lama, kita sudah sejak 2017 mengajarkan IKM (red: Industri Kecil Menengah) mengenal digital melalui pelatihan, tahu pasar dengan cepat dengan digitalisasi. Kami kerja sama dengan marketplace yang ada dan mengajak pelaku menggunakan handphone yang bisa dipakai produktif, kami ajari mereka,” kata Gati.

Selain mengajarkan soal teknologi, Kemenperin dengan dukungan berbagai sektor—mulai lembaga sampai pihak swasta—juga berusaha membantu pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan selama proses go digital.  

Sekadar informasi, berdasarkan data Mandiri Institute, tingkat akselerasi digital UMKM mencapai 69% selama pandemi. Dengan peningkatan ini, diprediksi akan ada 16% kenaikan pemasukan bisnis UMKM yang melek digital. Diproyeksikan pula adanya tambahan PDB Indonesia hingga USD 164 miliar per 2024 berkat digitalisasi UMKM.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :