Jadi Merchant di Grab Kini Lebih Mudah

Addiction.id-Jakarta Meski sudah mewadahi sekitar dua juta merchant, Grab tetap berupaya menggaet lebih banyak merchant. Maka dari itu, perusahaan mengembangkan metode self onboarding agar proses pendaftaran merchant jadi lebih cepat.

Sebelum ada self boarding, merchant Grab butuh waktu hingga dua minggu untuk bisa bergabung. Head of Product Merchants Grab Shashank Kohli mengatakan kini 95% merchant hanya butuh tiga hari untuk bergabung.

“Dengan self onboarding, bisnis bisa mendaftar jadi merchant lewat aplikasi dan mengaktifkan tokonya dengan cepat. Prosesnya online dan otomatis. Merchant juga bisa mengaktifkan beberapa layanan sekaligus, misalnya mereka bisa mendaftarkan restoran di GrabFood dan mengaktifkan GrabPay untuk pembayaran,” Jelas Kohli, Kamis (27/5).

Untuk diketahui, fitur self onboarding ini sudah tersedia di Indonesia dan akan tersedia ke lebih banyak negara.

Lebih lanjut, perusahaan ingin membuat proses pendaftaran jadi lebih mudah dengan mengintegrasikan aplikasinya dengan data pemerintah. Dengan integrasi ini, kolom yang harus diisi calon merchant saat mendaftar secara manual berkurang dari 40 menjadi dua kolom.

Di lain sisi, Grab menyadari tak semua merchant punya keterampilan digital yang sama. Karenanya, perusahaan berencana membuat program pelatihan GrabAcademy ke aplikasi GrabMerchant pada bulan depan. Sementara ini, program tersebut hanya tersedia dalam bentuk website.

Dengan program ini, merchant yang baru bergabung diharapkan bisa menguasai semua fitur yang ada di GrabMerchant demi mengembangkan bisnisnya. Mereka akan mendapat konten pelatihan yang sesuai dengan levelnya. “Contohnya, merchant baru diwajibkan untuk menjalani modul orientasi, sementara merchant yang sudah ada dengan rating rendah akan diminta untuk menjalani kursus tentang kualitas,” jelas Kohli.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :