Kembangkan UMKM, Shopee Batasi Produk Asing

Addiction.id-Jakarta Shopee Indonesia menutup akses penjualan 13 jenis produk dari luar negeri (seller crossborder). Hal ini ditujukan untuk membantu pengusaha lokal mengembangkan bisnisnya.

Adapun kebijakan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Kementerian Koperasi dan UKM RI dan Shopee dalam menyikapi fenomena seller crossborder yang mengancam UMKM Indonesia.

Menurut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, penutupan akses itu memungkinkan penyelamatan produk UMKM hampir Rp300 triliun per tahun, di mana dari industri fesyen muslim Rp280 triliun dan industri batik Rp4,89 triliun.

“Shopee sepakat untuk mengidentifikasi produk luar negeri supaya tak membunuh produk UMKM. Perlu diapresiasi sebagai tindak lanjut dari Shopee yang menutup akses 13 jenis produk luar negeri,” ungkap Teten melalui konferensi pers, Selasa (18/5).

Ia mengakui bahwa Indonesia sudah masuk dalam perdagangan bebas. Namun, kata dia, jangan sampai produk UMKM kalah dan mati berkompetisi dengan produk luar negeri.

Sementara itu, Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan bahwa tak ada paksaan dari pemerintah Indonesia untuk menutup 13 jenis produk dari luar negeri ini. Terlebih produk luar negeri yang dijual di Shopee Indonesia hanya 3% dari total produk yang ada.

Namun, dia tak menyebutkan 13 jenis produk dari negara mana saja yang ditutup. Belum dirinci pula seberapa banyak toko yang ditutup akibat kebijakan ini.

“13 sektor ini dari seluruh negara. Berapa total toko yg ditutup? Terus dalam proses, saya harus rekap lagi jumlahnya,” tambahnya.

Untuk diketahui, 13 jenis produk yang akses penjualannya ditutup dari luar negeri ialah hijab, atasan muslim wanita, bawahan muslim wanita, dress muslim, atasan muslim pria, bawahan muslim pria, outwear muslim, mukena, pakaian muslim anak, aksesoris muslim, peralatan shalat, batik dan kebaya.

Saat ini, proses identifikasi produk masih dilakukan Shopee.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :