Telkomsel Jadi yang Pertama Gelar 5G Secara Komersil di Indonesia

Addiction.id-Jakarta Telkomsel telah lulus Uji Layak Operasi (ULO) 5G. Dengan demikian, ke depannya, masyarakat bisa menikmati layanan 5G.

Menurut sumber terpercaya, proses ULO 5G yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terhadap Telkomsel itu berlangsung selama tiga hari, dari 19 hingga 21 Mei 2021. Setelah ujian selesai, Telkomsel akhirnya dinyatakan lulus.

“Telkomsel sudah lulus ULO, komersialisasi 5G bisa dilakukan segera,” lanjut sumber tersebut.

Adapun dengan kelulusan ULO 5G itu, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menggelar layanan 5G secara komersil.

Diketahui, pada Kamis (20/5) lalu, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan jika sudah dinyatakan lulus ULO, mula-mula Telkomsel akan menggelar 5G secara terbatas dahulu, seperti yang terjadi pada teknologi 3G dan 4G di tahap awal.

“Jika skala ekonominya sudah dapat, maka 5G akan menyebar dengan sendirinya. Jadi akan pada titik tertentu dahulu,” kata Setyanto.

Diketahui, Telkomsel pertama kali memperlihatkan teknologi 5G ini di ajang Asian Games 2018. Saat itu, Telkomsel menunjukkan sejumlah kecanggihan teknologi seperti autonomous bus atau kendaraan tanpa sopir.

Kemudian di penghujung 2019, Telkomsel sukses menguji coba video call berbasis 5G. Operator seluler ini menggaet Ericsson dan OPPO dalam menjajal 5G di Batam, Kepulauan Riau. (LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :