Bagaimana Bisnis Amazon Berhasil

Addiction.id-Jakarta Amazon merupakan salah satu e-commerce terbesar di dunia. Bahkan, pendirinya pun masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia. Ia adalah Jeff Bezos. Dalam berbagai kesempatan, ia berbagi tips kepada khalayak bagaimana Amazon bisa sukses berkiprah di ranah bisnis, berikut ini di antaranya.

Pertama, jangan pernah ragu untuk beraksi. Bezos berkisah bahwa pada 1994, ia menepis ragu untuk memilih mendirikan Amazon atau mempertahankan pekerjaanya. Pada akhirnya, ia mendirikan Amazon dan sukses.

Ia menambahkan bahwa siapa pun akan kehilangan kesempatan jika sesuatu hanya berhenti sebagai ide, namun tak melakukan aksi.  

Bezos mengaku tak segan untuk bertindak karena ia tak mau menyesal di masa depan. Menurut prinsipnya,  setidaknya sudah mencoba. “Aku tahu jika gagal, aku tak akan menyesalinya. Namun, aku mengetahui satu hal yang mungkin akan aku sesali yaitu jika tidak mau mencoba,” tutur dia, pada suatu waktu.

Perihal bagaimana Amazon bisa eksis, mulanya Bezos melakukan promosi dari mulut ke mulut lantaran tak punya banyak anggaran untuk promosi. Ia sangat mengandalkan pelayanannya agar sebaik mungkin dan mengutamakan konsumen, sehingga konsumen dengan sendirinya promosi dari mulut ke mulut, yang mana sangat menguntungkan bagi Amazon.

“Jika Anda membangun pengalaman yang mengesankan bagi konsumen, mereka akan berkata satu dengan yang lain soal itu. Hal itu sangatlah powerful,” ungkapnya.

Tak cukup sampai di situ, Bezos tak ingin Amazon mandek. “Yang berbahaya adalah tidak berkembang,” pungkasnya. Maka dari itu, ia dan pihaknya terus berinovasi. Alhasil, Amazon yang mulanya hanya menjual buku, kini bisa menjual banyak hal dan sukses memproduksi gawai seperti Amazon Kindle Fire, tablet PC berharga murah yang laris manis.

Untuk berkembang, ia mengatakan bahwa dibutuhkan sikap keras kepala dan fleksibel sekaligus. “Jika Anda tidak keras kepala, Anda akan menyerah terlalu cepat. Dan jika Anda tidak fleksibel, Anda tidak akan melihat solusi berbeda suatu masalah yang sedang Anda coba selesaikan,” terangnya.

Lebih lanjut, saat mengembangkan Amazon, Bezos mengaku tak malu untuk meniru hal-hal baik yang dilakukan oleh para pesaingnya, untuk kemudian menerapkannya.

“Kami melihat para kompetitor kami, belajar dari mereka, melihat hal-hal yang mereka lakukan pada para pelanggan dan meniru hal-hal tersebut sebanyak kami bisa,” jelas dia.

Hal lain yang tak kalah penting ialah terus bekerja keras, meski bisnis telah berkembang luas—dan ia sudah pensiun dari posisi CEO. Ini demi mencapai sesuatu yang baik dan keberhasilan. “Bekerja keraslah, have fun, dan buatlah sejarah,” imbuhnya.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :