Warung Pintar Salurkan Bantuan Untuk Pelaku UMKM di Pasar Tradisional

Addiction.id-Jakarta Bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Warung Pintar membagikan 15 ribu hand sanitizer kepada para pedagang pasar di bawah naungan PD Pasar Jaya.

Langkah itu dilakukan guna mendukung produktivitas para pedagang sambil disiplin menjaga protokol kesehatan, untuk mencegah penularan COVID-19. Terlebih saat menjelang Lebaran ini, transaksi belanja kian melonjak.

“Menjelang Idul Fitri, volume transaksi dan kunjungan ke pasar tradisional cenderung mengalami peningkatan. Di sisi lain, angka positif COVID-19 di Indonesia masih tergolong tinggi dengan rata-rata 3.000 hingga 5.000 penambahan kasus setiap harinya,” tutur Impact Manager Warung Pintar Jiwo Damar Anarkie, melalui keterangan tertulis, Selasa (11/5).

Warung Pintar menuturkan bahwa pasar tradisional masih menjadi pilihan utama masyarakat untuk belanja sehari-hari, terutama menjelang Lebaran. Sebagai contoh, kata mereka, Pasar Induk Kramat Jati didatangi rata-rata 25 ribu orang per harinya.

“Berkaca dari lonjakan kasus COVID-19 karena libur panjang seperti yang terjadi di India, kita perlu terus menjalankan protokol kesehatan sebagai bentuk saling jaga antarsatu sama lain,” tambahnya.

Lebih lanjut, Jiwo mengatakan bahwa inisiatif serupa—seperti berbagi hand sanitizer—akan dijalankan di Surabaya, Banyuwangi, dan sekitarnya. Adapun inisiatif ini merupakan langkah kecil Warung Pintar yang dilakukan untuk menjaga para pelaku UMKM agar tetap tetap aman dalam berdagang.

Distribusi hand sanitizer sendiri merupakan inisiatif dari salah satu layanan Warung Pintar, yaitu Bantuan Pintar. Layanan ini menyalurkan bantuan sosial yang memanfaatkan infrastruktur alur distribusi yang dimiliki Warung Pintar.

Ke depannya, Warung Pintar berharap agar infrastruktur alur distribusi secara digital yang sudah mereka bangun bisa bermanfaat dan relevan di tengah pandemi. Hal ini mengingat para pelaku usaha UMKM ada di garda terdepan perekonomian Indonesia.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :