Facebook Akhirnya Turuti Aturan Privasi Apple

Addiction.id-Jakarta Pembaruan privasi Apple iOS 14.5 akhirnya disambut oleh Facebook. Jejaring media sosial ini mulai meminta persetujuan kepada pengguna iOS sebelum melacak data di perangkat.

Diketahui, kebijakan Apple terbaru itu mengharuskan pihak perusahaan seperti Facebook untuk meminta izin saat melacak beberapa data dari perangkat—yang ditujukan untuk peningkatan iklan pengguna.

Namun, Facebook sempat mengkritik Apple itu dan mengatakan bahwa aturan tersebut merugikan bisnis kecil yang mengandalkan iklan untuk menjangkau konsumen. Selain itu, perusahaan menegaskan bahwa iklanlah yang sejatinya memungkinkan pengguna mengakses Facebook secara gratis.

Meski begitu, Facebook akhirnya menuruti aturan Apple tersebut. The Verge melaporkan pada Rabu (5/5) bahwa Facebook dan anaknya, Instagram, mulai menerbitkan notifikasi yang meminta persetujuan kepada pengguna iOS.

Melalui blog resminya, Facebook menjelaskan bahwa notifikasi itu merupakan ‘layar pendidikan’. Pun perusahaan merinci lebih lanjut terkait bagaimana mereka menggunakan data untuk iklan yang dipersonalisasi.

Pengguna bisa memilih untuk tak mengizinkan aplikasi melacak data perangkat.

Meski begitu Apple dalam menyebutkan pengembang masih bisa menggunakan informasi lain untuk iklan bertarget. Namun informasi yang dimaksud tak bisa dibagikan pada perusahaan lain untuk pelacakan iklan.

Lebih lanjut, jika ada pengembang yang menyiasati persyaratan atau mengganti identitas pengiklan (IDFA) dengan informasi lain seperti alamat email akan dianggap melanggar persyaratan. Ini pun berlaku untuk aplikasi yang dikembangkan oleh Apple.

 (LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :