Mitra GoFood Berbagi Kebaikan Selama Ramadan Melalui Kegiatan Jumat Berkah

Addiction.id-Jakarta Jumat Berkah merupakan salah satu inisiatif para pelaku UMKM kuliner dari Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) Surabaya. Melalui Jumat Berkah ini, mereka berbagi makanan gratis kepada warga Kota Surabaya yang membutuhkan. Kegiatan ini sudah 20 kali diselenggarakan dan masih rutin digelar sejak akhir tahun lalu.

Adhi Setyo Priyoso, pemilik usaha kuliner Nasi Uduk Betawi di Surabaya, ialah salah satu inisiator kegiatan Jumat Berkah. Ia mengatakan bahwa motivasi terbesar untuk menggelar Jumat Berkah adalah semangat gotong royong untuk tingkatkan pendapatan para pelaku usaha kuliner di Surabaya dan peduli sesama.

“Modal awal untuk kegiatan ini kami kumpulkan secara sukarela, kemudian secara bergiliran, kami memilih rumah makan sesama anggota yang akan menyiapkan menu andalannya untuk dibagikan ke warga Surabaya yang ditargetkan menjadi penerima bantuan. Sejauh ini pengorganisiran berbasis solidaritas ini sangat efektif dan kami yakin ini adalah satu cara untuk kita sama-sama bangkit dari tantangan pandemi,” jelas Adhi melalui keterangan tertulis, Kamis (6/5).

Perihal bisnis, ia mengakui bahwa menjalaninya memang penuh tantangan, terlebih saat masa pandemi COVID-19. Biahkan bisnis nasi uduknya sempat merosot, hingga akhirnya ia memilih untuk fokus pada satu outlet-nya di daerah Wiyung, Surabaya.

Beragam tantangan datang silih berganti dan turut memengaruhi usahanya. Hal ini membikin Adhi percaya bahwa setiap individu harus punya mindset terbuka. Sejak 2015, ia merasa kesempatan yang semakin terbuka lebar lewat keberadaan usahanya di platform digital GoFood.

“Dengan berdiskusi bersama para pelaku usaha, saya mendapat banyak pengetahuan dan inspirasi untuk bertahan di masa sulit, bahkan bisa tetap mengembangkan usaha. Saya pelajari bagaimana rekan-rekan saya menerapkan strategi marketing seperti beriklan lewat media sosial, membuat program diskon sampai bagaimana terus menjaga kepercayaan pelanggan hingga dapat mempertahankan rating yang bagus di aplikasi GoFood,” kata pria kelahiran 1982 ini.

Menurut Adhi, hal-hal baik itu bisa dapat dilakukan secara mudah di Gojek. Caranya dengan mengakses aplikasi untuk mitra usaha, GoBiz, mulai dari beriklan, memilih program promosi bisa saya lakukan secara mudah dalam 1 aplikasi.

Selain itu, GoFood juga memberi beragam tips, mulai dari tips meningkatkan rating di aplikasi online hingga tips pemasaran kreatif. Dengan menggunakan beberapa tips ini, Nasi Uduk Betawi berhasil mengalami kenaikan omzet 10—20% per bulan di awal 2021 ini.

“Saya optimis angka ini meningkat di hari-hari terakhir bulan Ramadan, memasuki masa libur Idul Fitri ini. Apalagi GoFood memiliki banyak program promosi yang bisa saya manfaatkan supaya makin banyak pembeli,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Adhi mengatakan bahwa kesuksesan bisnis itu dipengaruhi oleh beragam faktor. Selain itu, beramal baik terhadap sesama pun perlu dilakukan sebagai bentuk syukur. Dengan begitu, segala hal baik akan mengiringi usahanya.

“Menurut saya, kesuksesan dalam berusaha itu sekitar 5% karena kepintaran dan keterampilan kita, sedangkan 95% didukung oleh berbagai faktor, gabungan dari seluruh keputusan dan perbuatan kita. Berbagi dengan sesama adalah salah satu kebaikan yang perlu kita terus lakukan, sebagai bentuk syukur, dan harapan bahwa hal-baik juga akan terus menemani langkah dan usaha kita,” sambung Adhi.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :