Orang Indonesia Suka Belanja Online Saat Sahur

Addiction.id-Jakarta Sahur menjadi rutinitas yang dilakukan oleh hampir semua muslim selama Ramadan. Rupanya, di sela-sela waktu sahur, banyak orang Indonesia yang suka belanja online, lo. Hal ini dibuktikan oleh hasil riset iPrice dan Jakpat.

Hasil riset menunjukkan adanya lonjakan trafik belanja online secara signifikan pada pukul 02.00-05.00 pagi di Indonesia. Dengan temuan ini, bisa dibilang bahwa belanja online di waktu sahur saat Ramadan merupakan kebiasaan musiman di Indonesia.

Untuk diketahui, riset itu ditujukan untuk merangkum tren belanja online menjelang Lebaran di negara dengan mayoritas penduduk muslim di Asia Tenggara—yakni Indonesia, Malaysia, dan Malaysia. Hasil riset ini kemudian disimpulkan menggunakan data internal iPrice melalui Google Analytics.

Selain adanya lonjakan trafik belanja online saat sahur, didapati pula bahwa produk kategori fesyen masih mendominasi. Kategori fesyen menduduki peringkat pertama dengan minat belinya meningkat hingga lebih dari 8000% dalam dua minggu pertama Ramadan.

Kemudian didapati pula bahwa mayoritas orang Indonesia, Malaysia dan Singapura berbelanja online melalui smartphone, dengan masing-masing negara sebanyak 93%, 68%, dan 55% di 2021.

Singapura dan Malaysia juga memiliki jumlah trafik yang lumayan tinggi dari desktop. Data menunjukkan sebanyak 31% orang di Malaysia berbelanja online menggunakan laptop, sedangkan Singapura memegang peringkat tertinggi yaitu sebanyak 43% dari total transaksi online menggunakan laptop.

Sebaliknya di Indonesia, belanja online menggunakan laptop memiliki persentase yang kecil di Indonesia. Sejak 2020 lalu, hanya 6% dari total transaksi online yang terjadi. Pasalnya, sebanyak 77% dari total populasi di Indonesia tak memiliki laptop.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :