Twitter Akuisisi Scroll, Pengguna Bisa Baca Berita Tanpa Iklan

Addiction.id-Jakarta Twitter dilaporkan mengakuisisi Scroll, sebuah layanan berlangganan berita tanpa iklan. Langkah ini memperjelas tekad perusahaan untuk terus mencari cara guna mendapat pemasukan di luar iklan.

Diketahui, sebelumnya Twitter merilis beragam layanan yang memungkinkan adanya monetisasi di platform itu, mulai dari Super Follow hingga tiket Spaces. Sementara Scroll, hanyalah satu dari sejumlah layanannya yang memungkinkan hal serupa.

CEO Scroll Tony Haile mengatakan bahwa salah satu alasan dirinya menjual perusahaannya ialah karena “ambisi Twitter yang lebih besar dari yang orang lain pikirkan.”

Diketahui, layanan Scroll menggunakan teknologi yang melibatkan cookie pihak ketiga atau ekstensi browser untuk memberi tahu situs agar tak menayangkan iklan kepada pelanggan berlangganan. Perlu dicatat, ini bukanlah layanan pemblokir iklan. Namun, jika berlangganan, ada biaya yang akan masuk ke situs web yang dikunjungi.

Adapun biaya berlangganan itu sendiri sebesar 5 dolar AS atau sekitar Rp 72 ribu per bulan.

Selain itu, dengan mengakuisisi Scroll, artinya Twitter juga menjadi pemilik Nuzzel yang merupakan bagian dari Scroll. Nuzzel sendiri merupakan layanan yang mengirimkan berita yang populer di timeline Twitter pengguna dalam bentuk email harian.

Lebih lanjut, melalui pengumuman, Wakil Presiden Produk Twitter Mike Park mengisyaratkan rencana Twitter. Ia menyarankan akuisisi itu bisa mengintegrasikan Scroll langsung ke langganan yang lebih komprehensif, yang akan mengirim uang kepada penulis buletin Revue, layanan berita yang baru diakuisisi Scroll.

“Untuk melakukan ini, Kami berencana menyertakan Scroll sebagai bagian dari penawaran layanan berlangganan mendatang yang sedang kami jelajahi,” ujarnya dilansir The Verge, Rabu (5/5).

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :