Siasat Agar Iklan Video Minim Sedot Kuota

Addiction.id-Jakarta Kamu mungkin merasa jengkel jika tiba-tiba iklan muncul saat  sedang asyik menonton video di YouTube. Terlebih kalau iklan tersebut tak bisa dilewati atau durasinya terlalu panjang. Mau tak mau, Kamu harus menunggu sampai iklan itu selesai agar bisa melanjutkan video yang sedang ditonton.

Berbicara soal iklan, tahukah Kamu bahwa video iklan itu juga menguras kuota internet pengguna? Hal ini pun dibenarkan oleh pengamat teknologi dari komunitas Gadtorade Lucky Sebastian.

“Iklan di Youtube sama dengan konten di Youtube yang kita tonton, makan kuota internet. Ini konsekuensi dari layanan streaming gratis, kita menukarnya dengan layanan iklan,” jelasnya, dikutip pada Senin (3/5).

Ia menjelaskan, besaran kuota internet yang terkuras untuk menonton YouTube bisa dihitung berdasarkan data bitrate resolusi video.

Merujuk pada penjelasan YouTube di laman bantuannya, video beresolusi 4K dengan 60 frame per detik (frame per second/fps), video bitrate-nya mencapai 20.000 sampai 51.000 kilobit per detik (kilobit per second/Kbps). Sementara video berukuran 480p, video bitrate-nya hanya 500 hingga 2.000 Kbps. Untuk detail lengkapnya, kunjungi laman platform tersebut.

Lucky mencontohkan perhitungan kuota jika pengguna menonton iklan YouTube selama satu menit dengan resolusi HD 720, di mana bitrate pada resolusi ini mencapai 1.500-4.000 Kbps. Untuk, perhitungan kuota data biasanya menggunakan satuan megabyte (MB), yang berarti 1 megabit per detik (megabit per second/Mbps) setara 1/8 MB. Sementara 1 Mbps sama dengan 1.024 Kbps.

“Kalau 1 video ada iklan 1 menit, dan sehari kita nonton 10 video, maka kita nonton 10 menit iklan, yang berarti menghabiskan 300 MB data. Dalam sebulan jadi 9000 MB atau 9 GB hanya untuk iklan. Jadi, ya, iklan ini lumayan menyita kuota,” jelas Lucky.

Untuk menyiasati hal itu, Kamu bisa kamu bisa mengatur kualitas video ke yang paling kecil. Dengan cara ini, jumlah kuota yang termakan karena iklan bisa diminimalisasi. Atau, Kamu bisa berlangganan layanan berbayar YouTube Premium agar Kamu bisa menikmati konten tanpa iklan. Harga langganan per bulannya dibanderol dengan harga Rp 59 ribu. Ada pula paket keluarga seharga Rp 89 ribu untuk lima anggota.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :