Facebook Berdayakan WhatsApp Untuk Jalankan Bisnis Sambil Fasilitasi Pebisnis

Addiction.id-Jakarta Baru-baru ini, CEO Facebook Mark Zukerberg membeberkan bagaimana pihaknya memberdayakan WhatsApp untuk menghubungkan iklan Facebook dengan akun WhatsApp Business.

Facebook menyadari bahwa saat ini banyak orang yang mengandalkan layanan perpesanan dalam menjalankan bisnis online.

Didapati bahwa para pebisnis berharap bisa melakukan atau bertransaksi langsung melalui layanan perpesanan. Mereka, termasuk pelaku UMKM, juga berharap bisa menampilkan produk mereka dan menerima pesanan langsung dari percakapan dengan pelanggan. Sementara itu, pengusaha berskala besar menginginkan infrastruktur komunikasi yang aman dan andal untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Menurut catatan Facebook, lebih dari 175 juta orang mengirimkan pesan ke akun WhatsApp Business setiap hari.

Pada tahun lalu, raksasa jejaring sosial itu merilis fitur Keranjang. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat produk yang tersedia di katalog, memilih produk yang diinginkan, dan langsung mengirimkannya dalam bentuk pesan kepada pemilik bisnis. Dalam hitungan beberapa bulan, fitur ini disebut sebagai salah satu yang jadi favorit pengguna yang berbelanja melalui Facebook.

Selain fitur-fitur itu, Facebook memungkin iklan terhubung ke WhatsApp. Banyak para pelaku UMKM di dunia mengatakan bahwa Facebook dan Instagram adalah etalase mereka. Sementara WhatsApp adalah tempat di mana mereka berkomunikasi, menjawab pertanyaan pelanggan, dan bertransaksi.

WhatsApp menawarkan sarana online agar bisnis bisa menjangkau pelanggan baru dan mengembangkan bisnisnya. Hal ini seiring dengan meningkatnya jumlah pebisnis dan pelanggan yang berkomunikasi secara digital selama pandemi COVID-19.

“Walaupun fokus kami di WhatsApp adalah pada perpesanan bisnis, kami tahu betapa pentingnya peran iklan bagi UMKM. Inilah mengapa dalam beberapa tahun terakhir kami mulai menawarkan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk beriklan di Facebook dan Instagram, yang kemudian dapat dihubungkan ke akun WhatsApp. Dengan demikian, pelanggan mereka dapat memulai obrolan hanya dengan satu klik. Fitur ini menjadi sangat populer di kalangan UMKM di berbagai belahan dunia,” ujar WhatsApp.


(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :