Ingin Bisnis Online Sukses? Ini Tipsnya

Menjalani bisnis online ibarat pedang bermata dua. Ia nampak mudah, namun jika berjalan tak konsisten, bisnis bisa gagal. Demikian ucap praktisi digital marketing Michael Sugiharto.

“Jadi harus bisa stay dan make sure bisnisnya jalan. Bisnis online ini mudah untuk masuk dan mudah juga ke luar, jadi jangan gagal sedikit bisnis ini, pindah lagi ke yang lain,” terang Michael, Selasa (27/4).

Berbeda dengan anggapan umum yang menyebutkan bahwa bisnis online tak butuh modal, ia justru  menegaskan sebaliknya. “Buat jalanin bisnisnya, Kamu actually butuh modal dan ada triknya. Misalnya Kamu butuh modal buat iklan, jangan kaget nanti sama nominalnya,” pungkas dia.

Kemudian dalam memulai bisnis, Michael menyarankan agar pebisnis menjual produk yang disenanginya. Bila perlu, jadi konsumen terlebih dahulu agar lebih memahami produk yang dijual.

“Lebih baik Kamu mulai usahanya dari passion Kamu. Jadi secara nggak langsung, Kamu sudah paham betul karena udah jadi customer-nya. Kamu beli barangnya dulu juga, Kamu learn how doing the business dari situ,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Michael, mulailah berbisnis dari skala kecil. Untuk memperbesar skala bisnis, lakukanlah perlahan sembari mempelajari prosesnya.

“Nggak peduli Kamu punya uang banyak, tetap jangan start big. Jangan langsung digelontorkan semuanya, Kamu perlu belajar perlahan, memang butuh waktu. Jangan pikir mentang-mentang bisnis online Kamu mau kilat,” tandasnya.

Michael juga menyarankan untuk memulai bisnis online secara bertahap. Misalnya, mula-mula menjadi dropshipper. Jika mampu bertahan, cobalah untuk menjadi reseller. Setelah bisa melalui tahap itu, barulah buka usaha sendiri.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :