Demi Dorong Perekonomian Nasional, Hari Bangga Buatan Indonesia Akan Digelar Lagi

Hari Bangga Buatan Indonesia

Addiction.id-Jakarta Tak lama lagi, Hari Bangga Buatan Indonesia akan tiba, tepatnya di 14 Mei 2021. Acara ini merupakan hari belanja online khusus untuk produk dalam negeri. Adapun tujuan acara ini ialah untuk mendorong transaksi dan bisa berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian nasional.

Untuk diketahui, istilah ‘Hari Bangga Buatan Indonesia’ dipakai untuk membedakan dengan Hari Belanja Online Nasional, yang biasa digelar pada akhir tahun.

Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga menuturkan bahwa acara ini ditargetkan minimal diikuti oleh 200 toko online anggota idEA.

“Target kita kalau Harbolnas tahun lalu ada 200 toko online bisa, let’s say, Bhineka, Tokopedia, Bukalapak kita dihitungnya satu. Target kita minimal itu akan 200 member idEA yang join tapi memang kita terus masih mendata ketersediaannya sudah kita push untuk datanya,” ujar Bima, Rabu (28/3).

Selain itu, ia berharap penjualan online bisa melampaui Rp5,6 triliun pada tahun ini.

Perihal promo, ia tak merinci apa saja yang akan ditawarkan. Namun, ia memastikan bahwa gratis ongkir ialah program utama dari kegiatan ini.

“Program utama gratis ongkir,” kata Bima.

Meski begitu, ia menambahkan bahwa untuk mendorong transaksi, tak harus melalui promo gratis ongkir, sebab bisa saja dengan promo lain.

“Sebenarnya untuk menggeliatkan transaksi itu kan nggak harus promo ongkir, tapi juga bisa jadi promo-promo lain, let’s say, ada cashback apapun itu,” ujar da.

“Tapi tujuannya sebenarnya balik lagi, untuk supaya UMKM daerah-daerah dengan promo Hari Bangga Buatan Indonesia terasa manfaatnya,” tambahnya.

Meski belum dipastikan berapa lama acara itu akan berlangsung, Bima mengaku optimis. Pasalnya, acara ini akan bertepatan dengan momen Lebaran, di mana transaksi belanja sedang tinggi-tingginya. Ditambah lagi tren belanja online yang terus menanjak.

Sebelumnya, pada awal pandemi, ditargetkan ada 2 juta pedagang e-commerce di seluruh platform marketplace. Rupanya, pada akhir 2020 tercatat angka melebih target yaitu 3,8 juta.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :