Pemerintah Beberkan Kiat-kiat Agar UMKM Naik Kelas

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Addiction.id-Jakarta Pemerintah Indonesia saat ini tengah fokus membuat UMKM naik kelas. Hal ini sebagaimana dituturkan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

“Kita ingin semakin banyak UMKM yang naik kelas, sehingga sektor formal kita semakin kuat. Supaya ke depan sektor informal, ekonomi subsisten semakin berkurang,” ujar Teten, Senin (26/4).

Untuk mewujudkan itu, lanjut Teten, pemerintah punya empat jurus. Pertama, membuka akses UMKM terhadap lahan. Dengan kemudahan akses ini, UMKM bisa berkumpul dan dibentuk koperasi.

“Ini kita mau dorong dalam bentuk koperasi pangan modern. Kurang lebih akan masuk ke wilayah pertanian, perikanan, dan peternakan di wilayah perhutanan nasional,” terang dia.

Kedua, peningkatan akses UMKM terhadap pembiayaan, baik melalui kredit perbankan maupun kredit usaha rakyat (KUR). Porsi kredit perbankan dari yang saat ini 20%, akan menjadi 30% di 2024. Kemudian  KUR dari yang saat ini Rp50 juta menjadi Rp 100 juta. Lalu plafon maksimum yang sebelumnya Rp500 juta, akan didorong naik menjadi Rp2 miliar.

Ketiga, peningkatan akses sumber daya manusia (SDM) UMKM terhadap inovasi dan teknologi. “Ini tengah kami perkuat dengan membangun kemitraan UMKM dalam rantai nilai, dengan BUMN dan juga industri,” sambung Teten.

Keempat, memperluas akses pasar UMKM. Caranya dengan mendorong UMKM bisa menjadi vendor dari proyek-proyek pemerintah.

“UU Cipta Kerja telah memberi 40% alokasi belanja kementerian/lembaga untuk menyerap produk dan jasa UMKM. Jadi ini silakan dimanfaatkan, ini ada setiap tahun, dan kira-kira nilainya sampai Rp 400 triliun per tahun,” jelas dia.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :