TikTok Bisa Jadi ‘Tambang’ Bagi Para Pengiklan

Addiction.id-Jakarta. Kepopuleran TikTok di ranah global tak diragukan lagi. Terbukti bahwa hingga Oktober 2020, pengguna aktif per bulan aplikasi video pendek ini mencapai 732 juta orang. Bahkan, TikTok diproyeksikan berhasil menggaet lebih dari satu miliar pengguna pada Mei 2022.

Adapun data soal jumlah pengguna TikTok itu berasal dari pitch deck atau presentasi TikTok yang bocor di internet.

Seiring peningkatan penggunanya, TikTok ingin memasukan iklan yang bisa menjadi sumber pemasukan bagi mereka penggunanya, utamanya bagi para pembuat konten. Ya, TikTok mencari lebih banyak pengiklan untuk mewujudkan hal ini.

Anak usaha ByteDance ini telah bertemu dengan mitra periklanan potensial sambil membawa buku presentasi B2B untuk unit TikTok for Business-nya. Adapun pitch deck, yang telah disebutkan sebelumnya, memang dirancang untuk memamerkan informasi jumlah pengguna TikTok yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh pengiklan.

Data-data yang dimaksud pun diharapkan bisa meyakinkan para pengiklan untuk menaruh sejumlah uang di TikTok.

Secara rinci, dilansir dari Phone Arena pada Senin (19/4), pitch deck itu menyebutkan bahwa sebanyak 47% pengguna mengaku membeli sesuatu yang mereka lihat di TikTok. Sementara 67% menyebut TikTok mendorong mereka untuk berbelanja, meski sebelumnya tak berencana berbelanja.

Pitch deck TikTok juga mengungkapkan demografi umur pengguna di platformnya. Disebutkan sebanyak 42% pengguna aktif berusia antara 18 dan 24 tahun. Lalu sebanyak 17% berusia antara 13 dan 17, 22% berusia antara 25 dan 34, 12% antara 34 dan 44, dan hanya 7% di atas usia 45.

Secara keseluruhan, 80% dari total pengguna menyebut TikTok sebagai platform paling menghibur.

Selain itu, rata-rata pengguna TikTok berkunjung ke platform hingga 89 menit sehari dan bolak-balik ke 19 kali dalam sehari.

Ke depannya, ada kemungkinan TikTok makin digandrungi para pengiklan. Hal ini menimbang popularitas TikTok yang bisa dikatakan menjanjikan bisnis mereka.

Sebelumnya, Statista melaporkan bahwa pengguna aktif harian TikTok secara global per Februari 2021 diperkirakan mencapai 35,28 juta pengguna.

Disebutkan pula bahwa TikTok merupakan salah satu aplikasi paling populer selama 2020. Berdasarkan data Apptopia, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh pada 2020, dengan unduhan mencapai 850 juta kali. Bahkan, TikTok juga mentereng di urutan pertama di kategori “Highest Grossing App”, versi Apptopia.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :