Belanja Iklan Selama Ramadan 2021 Naik Berkat Sektor Ini

Addiction.id-Jakarta. Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) memproyeksikan adanya kenaikan belanja iklan di Ramadan 2021, dibandingkan tahun lalu.

“Menurut estimasi saya, belanja iklan Ramadan kali ini bisa sampai lebih dari 15-20%,” ujar Ketua P3I Janoe Arijanto, dikutip Jumat (16/4).

“Tahun ini tidak akan seberat Ramadan tahun lalu. Tahun ini, brand-brand masih punya banyak rencana untuk belanja iklan. Didorong oleh peningkatan produksi barang-barang sehingga kegiatan promosinya akan cukup berbeda,” sambung dia.

Janoe menjelaskan bahwa ada beberapa kategori iklan yang menjadi faktor naiknya belanja iklan selama Ramadan 2021, menimbang tingkat konsumsinya meningkat di periode ini.

Adapun kategori yang ia maksud ialah food and beverage, e-commerce, dan produk-produk kesehatan.

Di lain sisi, sektor ritel diproyeksikan tak begitu leluasa mengeluarkan anggaran untuk belanja iklan. Pasalnya, konsumsi produk di kategori ini tak banyak seperti biasanya akibat pandemi Covid-19.

“Sebelum pandemi, belanja iklan produk ritel seperti pakaian naik karena masih ada nilai prestisnya. Sejak pandemi, di sektor tersebut spending untuk iklannya akan ditahan,” tutur Janoe.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pelarangan mudik juga menjadi salah satu penyebab minat beli di sektor tersebut tak naik signifikan. Sehingga industri tak begitu bersemangat promosi.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani pun mengatakan demikian.

“Industri akan mengurangi produksi. Produksi barang-barang konsumsi tidak sebanyak yang direncanakan di awal. Jadi, kalau kapasitas produksi diturunkan pemasarannya juga tidak akan berlebihan,” lanjut Hariyadi, Jumat (16/4).

Ia menambahkan bahwa geliat ekonomi yang dialami oleh beberapa sektor di industri dalam beberapa bulan terakhir tak merangsang minat belanja iklan perusahaan. Hanya sektor tertentu, yang didominasi masyarakat kelas menengah, yang mengalami kenaikan meski sedikit.

Sama halnya dengan Janoe, Hariyadi memproyeksikan secara umum tren belanja iklan sektor industri pada Ramadan 2021 serta tingkat spending-nya kurang lebih sama dengan tahun lalu.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :