Khawatir Isu Privasi, DuckDuckGo Akan Blokir Teknologi Google Terbaru

Addiction.id-Jakarta. Peramban DuckDuckGo akan memblokir teknologi baru Google, yaitu FloC (Federated Learning of Cohorts), dengan ekstensi Chrome-nya.

Diketahui, FloC sendiri masih dalam tahap pengembangan dan uji coba.

Adapun teknologi tersebut berfokus pada pelacakan privasi pengguna. Pun membantu pengiklan menayangkan iklan tertarget pada sederhana.

FloC akan mengelompokkan pengguna berdasarkan perilaku mereka. Grup ini bisa menjadi target pengiklan. Hal inilah yang mempermudah pengiklan memasang ikan tertarget.

Menyoal hal tersebut, para pendukung privasi menilai bahwa itu lebih baik daripada cookie pihak ketiga, ID FLoC tetap saja bisa berdampak buruk bagi konsumen. Terlebih karena pengiklan bisa mengidentifikasi pengguna secara individual.

Nah, oleh karena berpotensi melanggar privasi pengguna, beberapa pihak seperti Electronic Frontier Foundation menolak keras inovasi Google tersebut.

DuckDuckGo memaklumi dengan kekhawatiran banyak pihak atas privasi pengguna soal FLoC itu.

Melalui unggahan resmi di blog, DuckDuckGo mengatakan akan versi terbaru dari ekstensi Chrome buatan tim DuckDuckGo akan mencegah situs web melacak pengguna melalui identifikasi FLoC mereka.

Tentunya, pembaruan ekstensi tersebut harus disetujui oleh Google sebelum hadir untuk penggunanya.

Lebih lanjut, DuckDuckGo mengatakan search engine buatannya tak akan mengumpulkan ID FLoC dan menggunakannya untuk mengidentifikasi atau mengiklankan kepada pengguna.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :