Hati-hati, Iklan Palsu Clubhouse Versi PC Bawa Malware

Addiction,id-Jakarta. Kepopuleran Clubhouse menjadi peluang bagi para penjahat siber untuk melakukan aksinya. Belum lama ini, muncul iklan palsu yang memberikan link download Clubhouse versi PC. Belakangan diketahui bahwa iklan ini juga berisi malware.

Diketahui, iklan palsu itu banyak beredar di Facebook. Pihak Facebook sudah menghapus iklan tersebut, namun belum memastikan jumlah korbannya.

Techcrunch melaporkan pada Minggu (11/4), aplikasi Clubhouse palsu ini berasal dari Rusia. Kabar baiknya, situs tersebut sudah berubah status menjadi offline.

Perlu diingat, aplikasi audio chat tersebut tak tersedia dalam versi PC, bahkan perusahaan belum punya rencana untuk membuat versi ini. Untuk saat ini, Clubhouse hanya untuk iOS.

Dilaporkan bahwa jika pengguna mengklik iklan palsu itu, mereka akan digiring ke situs Clubhouse versi PC palsu. Setelah masuk, tautan ini langsung mengunduh file berisi malware ke perangkat pengguna.

Aplikasi palsu itu akan mencari instruksi dari server command and control mengenai tindakan apa yang harus diambil selanjutnya.

Sejumlah orang yang telah mengklik iklan palsu itu mengaku perangkatnya terjangkit dengan malware. Kemudian dimintai sejumlah uang tebusan agar perangkatnya bisa berfungsi normal seperti sedia kala.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya waspada jika melihat iklan Clubhouse versi PC. Lebih baik jangan mengklik iklan tersebut.

(LH)

1 thought on “Hati-hati, Iklan Palsu Clubhouse Versi PC Bawa Malware

  1. Malware dan Spam menjadi salah satu ancaman besar bagi semua bidang usaha berbasis IT, namun menjadi tantangan untuk para pelaku IT untuk semakin mengupdate knowledge dan experience.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :