Similarweb Jadi Standar Pengukuran Audiens Online di Indonesia

Addiction.id-Jakarta. Indonesian Digital Association (IDA) akhirnya memilih Similarweb sebagai acuan dalam pengukuran audiens di Indonesia dalam ranah digital. Adapun pemilihan Similarweb ini disesuaikan dengan situasi industri digital Indonesia saat ini.

Sekadar informasi, di era digital ini, populasi digital Indonesia menyumbang 52% pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara. Berangkat dari hal ini, pengukuran online audiens menjadi hal yang dibutuhkan oleh para pelaku industri periklanan digital di Indonesia.

Sebelumnya, IDA menggelar kegiatan “Pemilihan Teknologi Standar Pengukuran Online untuk Pasar Indonesia” pada 18 Januari hingga 18 Maret 2021. Kegiatan ini digelar guna memilih metode dan teknologi untuk memahami perilaku konsumen melalui pengukuran online audiens—yang kemudian akan ditetapkan sebagai standar pengukuran online.

Ada dua lembaga pengukuran digital di Indonesia yang ikut serta kegiatan tersebut, yakni Similarweb dan Comscore. Masing-masing mengikuti seleksi, dari mengirimkan materi presentasi, mempresentasikannya, hingga tahap pitching oleh IDA. Pada akhirnya, Similarweb-lah yang dipilih.

Ketua IDA Dian Gemiano mengatakan bahwa penetapan standard pengukuran itu merupakan upaya untuk menjaga pertumbuhan industri periklanan digital, sekaligus mendukung industri digital.

“(Melalui standard tersebut) IDA ingin memastikan pengukuran performa produk dalam ekosistem digital memiliki akurasi data dan kemampuan teknologi mumpuni, sehingga pelaku usaha Indonesia bisa berkompetisi di kancah global,” terang dia, beberapa waktu lalu.

“Penting juga agar platform pengukuran perfoma produk digital ini bisa diterima oleh seluruh stakeholder periklanan digital Indonesia. Untuk itu dalam proses pemilihan rekanan platform pengukuran ini, IDA melibatkan P3I, APPINA, dan AAPAM sebagai stakeholder utama ekosistem periklanan digital di Indonesia,” lanjut dia.

Sementara itu, selaku penyedia standar pengukuran, Similarweb diharapkan bisa memberi insight terkini kepada media digital di Indonesia mengenai online audiens, sehingga acuan dasar pengukuran ini bisa digunakan oleh seluruh pelaku industri periklanan digital Indonesia.

Rene E. Menezes, Executive Creative Director SEA, SimilarWeb certified partner mengaku pihaknya bersemangat dalam bekerja sama dengan IDA.

“SimilarWeb merasa terhormat dan bersemangat atas kesempatan ini untuk bekerja sama dengan IDA dalam membawa akses terhadap multi-device market intelegence untuk memahami, menggali, dan menumbuhkan industri digital,” tuturnya.

Diketahui, Similarweb berdiri sejak 2007. Perusahaan yang berbasis di New York City ini punya misi untuk memberi insight bagi para pelaku industri digital via multi-device global untuk memahami, melacak, dan menumbuhkan pasar digital.

Di Indonesia sendiri, Similarweb digunakan untuk menganalisa traffic suatu website. Traffic ini berupa jumlah data yang dikirim dan diterima pengunjung pada suatu website. Dengan begitu, perusahaan akan mengetahui jumlah pengunjung website. Selain itu, Similarweb konsisten merilis peringkat website di Indonesia per bulan.

(LH)