Mayoritas Perusahaan Periklanan Tetap Optimis Meski Pandemi

Addiction.id-Jakarta. Mayoritas perusahaan periklanan mengaku optimis akan mencapai hasil yang lebih baik di 2021 dibanding sebelumnya. Demikian ungkap Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) melalui hasil surveinya, terkait dampak pandemi COVID-19 terhadap perusahaan periklanan.

Diketahui, sebelumnya P3I melakukan survei secara daring pada periode 20 Januari 2021 hingga 15 Februari 2021. Ada 46 perusahaan yang menjadi responden.

Secara rinci, 60,9% responden punya tingkat optimisme tinggi akan pencapaian hasil tahun 2021 akan lebih baik dari 2020. Kemudian sebanyak 23,9% responden memproyeksikan pencapaian akan sama dengan tahun 2020.

Selain optimisme itu, ada 8,7% responden yang merasa mampu mencapai 50-99% daripada performa tahun 2020. Ada pula sebanyak 6,5% responden yang memproyeksikan hanya mampu menutup biaya operasional di tahun 2021 ini,

Selanjutnya, P3I pun memberi kesempatan responden untuk mengukur tingkat optimisme masing-masing dengan skala 1 sampai 5, terkait kondisi perekonomian dalam kaitannya dengan bisnis perusahaan. Semakin rendah angka artinya semakin pesimis, sementara semakin tinggi artinya semakin optimis.

Kemudian didapati bahwa 56,5% responden memberikan skor 4 dan 5, yang menunjukkan optimisme. Sementara 37% lainnya memberi penilaian netral.

(LH)