Iklan Digital Paling Banyak Digarap Perusahaan Periklanan

Addiction.id-Jakarta. Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) DKI Jaya menunjukkan bahwa mayoritas perusahaan periklanan mengelola jenis iklan digital atau di media sosial. Selain itu, didapati pula bahwa kategori klien perusahan yang paling banyak ialah Fast Moving Consumer Goods (FMCG).

Hal tersebut sebagaimana hasil survei terbaru P3I DKI Jaya tentang dampak pandemi COVID-19 terhadap perusahaan atau agensi periklanan. Untuk diketahui, survei ini dilaksanakan secara daring pada 20 Januari 2021—15 Februari 2021. Ada 46 perusahaan yang menjadi responden.

Data menunjukkan bahwa 82,6% responden mengelola iklan digital atau media sosial. Lalu disusul jenis iklan above the line (ATL) sebanyak 73,9%.

Sementara itu, perihal kategori klien perusahaan, kategori Fast Moving Consumer Goods (FMCG) menjadi yang terbanyak digarap responden dengan 69,60%. Selanjutnya, kategori Food & Beverages dengan 47,8% dan kategori otomotif dengan 39,1%.

Sebelumnya, Ketua P3I DKI Jaya Elwin Mok mengatakan bahwa survei tersebut ditujukan untuk mendapat gambaran kondisi di masa pandemi ini. Ia berharap hasil survei bisa membantu perusahaan periklanan untuk menentukan langkah strategis ke depannya.

“Tentu saja survei ini jauh dari sempurna. Ada banyak faktor yang membuat survey ini belum benar-benar bisa merepresentasikan kondisi industri secara akurat. Namun diharapkan, informasi indikatif ini bisa membantu temanteman pelaku industri periklanan mempersiapkan langkah di tahun 2021 ini,” tandas Elwin, dikutip dari keterangan tertulis pada Senin, 15 Maret 2021.

(LH)