Perilaku Konsumsi Konten Berubah

Addiction.id-Jakarta. Segalanya berubah di masa pandemi COVID-19, termasuk perilaku konsumsi konten di kalangan masyarakat. Startup teknologi asal Korea Selatan, Dable, telah membuktikan hal ini melalui laporan terbarunya.

“Terjadinya pandemi secara luar biasa telah mengubah perilaku pengguna dalam mengonsumsi konten. Konsumsi konten secara online telah meningkat secara signifikan dan kebanyakan konten yang dikonsumsi oleh pengguna juga berubah. Dan ini semua menyajikan peluang baru bagi industri media,” jelas General Manager Dable Hoyoung Lee melalui keterangan persnya, Rabu (24/3).

Untuk diketahui, laporan Dable terkait perilaku konsumsi konten disusun berdasarkan gender, usia, dan perangkat yang dimiliki pengguna.

Menurut gender, pengguna terdiri dari 50,4% laki-laki dan 49,6% perempuan.

Sementara berdasarkan usia, pengguna berusia 25-34 tahun berada di urutan teratas dalam hal tingkat konsumsi konten yaitu 35%. Kemudian disusul oleh pengguna berusia 18-24 tahun dengan tingkat konsumsi konten 28,6%.

Secara khusus, perempuan berusia 18-24 tahun berada di peringkat pertama dan 25-34 tahun di peringkat kedua dalam hal konsumsi konten.

Terakhir, perihal perangkat yang digunakan, sebanyak 71,81% pengguna mengonsumsi konten secara mobile dan 26,64% melalui PC.

Adapun mesin pencari yang paling banyak digunakan ialah Google Chrome, baik di PC 75,75% dan mobile 95,70%. Juga, sistem operasi (OS) yang paling banyak digunakan yakni Windows 92,51% untuk PC dan Android 96,09% untuk mobile, keduanya berada di ranking pertama.

“Kami berharap lanskap ini akan menolong para marketer digital untuk memahami transformasi di lanskap media serta perilaku mengonsumsi konten, serta merencanakan berbagai strategi untuk lingkungan new media. Dable akan terus menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat di masa depan,” sambung Lee.

Sekadar informasi, Dable bekerja dengan merekomendasikan konten-konten yang dipersonalisasi, seperti ‘Content you may like’, yang diproses melalui teknologi big data yang real time dan personalisasi.

(LH)