Shopee Dukung UMKM Untuk Ekspor

Addiction.id-Jakarta. Shopee berkomitmen mendorong perekonomian Indonesia. Untuk itu, paltform belanja online ini membikin deretan program yang mendukung bisnis para pelaku UMKM binaannya. Misalnya Program Ekspor dan Program Kampus Shopee, di mana Shopee akan memberi pelatihan dan pendampingan bisnis kepada para pelaku UMKM tersebut.

“Para UMKM binaan kami diedukasi, dilatih, dan didampingi secara bertahap untuk dapat melakukan ekspor ke luar Indonesia, khususnya ke negara-negara Shopee beroperasi. Lebih dari itu, guna menjangkau potensi UMKM secara luas,” tutur Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Shopee Indonesia Radityo Triatmojo melalui keterangan tertulis, Senin (22/3).

“Kami juga mendukung program Sekolah Ekspor untuk mewujudkan terciptanya 500.000 eksportir hingga tahun 2030 nantinya,” sambung dia.

Para pelaku UMKM binaan Shopee yang menjadi eksportir akan mengikut program pelatihan dan pendampingan. Adapun proses pelatihan tersebut berjenjang dengan beberapa tahapan.

Mula-mula, peserta mendaftar dan menerima pembekalan terkait kegiatan ekspor. Hingga kemudian Shopee akan mendampingi para penjual untuk mengaktifkan toko di luar negeri. Selanjutnya, penjual bisa menerima pesanan dari konsumen mancanegara dan meningkatkan pendapatan tokonya.

Radityo menambahkan pihaknya pun memberi dukungan demi keberlangsungan Program Ekspor untuk para penjual. Adapun dukungan tersebut berupa menghadirkan Program Sekolah Ekspor, yang punya visi untuk menjangkau potensi UMKM yang lebih luas dengan mewujudkan 500 ribu eksportir di tahun 2030.

Shopee Indonesia pun bekerja sama dengan Bank Indonesia dalam memberi edukasi dan pelatihan terkait ekspor. Selain itu, Shopee juga membikin kampanye-kampanye seperti Shopee 4.4 Mega Shopping Day, demi keberlangsungan bisnis para UMKM binaan.

“Harapan ke depannya melalui Pelatihan Program Ekspor ini, para pelaku UMKM binaan kami maupun publik dapat melakukan ekspor secara efektif untuk mencakup jangkauan yang lebih luas guna mendukung keberlangsungan bisnisnya bersama Shopee,” kata Radityo.

Untuk diketahui, para calon penjual ekspor bisa mendaftarkan diri secara langsung ke Shopee Indonesia. Bisa juga mengikuti proses edukasi kurikulum program Sekolah Ekspor sebelum mempraktikan ekspor di Shopee Indonesia.

(LH)