Gojek dan Halodoc Hadirkan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru

Addiction.id-Jakarta. Gojek dan Halodoc bekerja sama menghadirkan pos pelayanan vaksinasi COVID-19 melalui drive thru. Progam ini telah hadir di area parkir Hall JiExpo Kemayoran per Rabu, 3 Maret 2021. Selain itu, vaksinasi program ini khusus untuk lansia.

Perihal peran, Gojek memberi akses penjadwalan vaksinasi melalui GoMed, yang terintegrasi dengan Halodoc. Selain itu, Gojek menghadirkan GoCar di area vaksinasi untuk menunjang peserta yang datang tanpa kendaraan, sehingga protokol kesehatan dan keamanan tetap terjaga.

“Kami siap memberi layanan GoCar selama proses vaksinasi di lokasi. Mobil-mobil kami, tanpa biaya tambahan, menyediakan sekat pelindung dan selalu melewati proses pembersihan secara rutin di posko-posko aman driver kami,” jelas Co-Founder dan Co-CEO Gojek Kevin Aluwi, baru-baru ini.

Kevin juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah karena telah memberi kepercayaan kepada Gojek, dalam hal vaksinasi COVID-19 bagi lansia. Ia berharap, kerja sama pihaknya dengan Halodoc bisa memperluas akses vaksinasi COVID-19.

“Dimulai dari sosialisasi dan perluasan akses sehingga dapat mensukseskan upaya pemerintah dalam menekan penyebaran virus COVID-19,” sambung dia.

Senada dengan Kevin, CEO & Co-Founder Halodoc Jonathan Sudharta kemudian mengatakan bahwa pihaknya berharap bisa terus berkontribusi sebagai mitra dalam komunikasi, informasi, dan edukasi terkait COVID-19.

“Kami akan terus memaksimalkan kemampuan kami dalam membantu percepatan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia, khususnya melalui layanan drive thru Halodoc yang telah menjadi andalan masyarakat selama pandemi. Kami percaya bahwa kolaborasi lintas stakeholder ini dapat membantu pencapaian target program vaksinasi COVID-19 pemerintah di tahun ini,” tutur Jonathan.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah harus bekerja sama dengan pihak swasa, terutama start up, dalam pengadaan vaksinasi COVID-19 drive thru. Tujuannya yaitu guna mempermudah distribusi vaksin, mengingat pemerintah menargetkan memvaksin 140 juta penduduk dalam waktu 6 bulan di semester kedua. Artinya, harus ada satu hingga dua juta penduduk yang divaksinasi dalam sehari.

“Untuk itu butuh dukungan dari semua komponen bangsa,” kata dia saat di acara Peresmian Pos Pelayanan Program Vaksinasi COVID-19 Drive-Thru di Jakarta itu.

Diketahui, saat ini layanan vaksinasi COVID-19 drive thru dari Gojek dan Halodoc telah tersedia di 20 lokasi dan tersebar di 11 kota di Indonesia. Di pekan depan, layanan ini dibuka pada pukul 9 pagi hingga 5 sore. Ke depannya, ada kemungkinan jam operasional di perpanjang, demikian pula kapasitas penerima vaksin—di mana saat ini masih 500 hingga 600 orang.

Guna mendapat layanan vaksinasi COVID-19 melalui drive thru, masyarakat cukup mengunduh aplikasi Halodoc. Kemudian masuk aplikasi, lalu pilih banner ‘Drive Thru Vaksinasi COVID-19’.

Selanjutnya, tentukan lokasi dan waktu vaksinasi yang tersedia, mengunggah kartu identitas, dan menunggu konfirmasi dari Halodoc. Informasi Vaksinasi COVID-19 ini pun bisa diakses di GoMed pada aplikasi Gojek.

(LH)