Indonesia Jadi Negara yang Paling Suka Saring Iklan

Addiction.id-Jakarta. Sebagian pengguna internet di Indonesia melakukan Ad Blocker atau penyaringan iklan. Persentasenya sebesar 56,8%. Angka ini menempatkan Indonesia sebagai negara peringkat pertama di dunia yang melakukan penyaringan iklan. Demikian hasil riset We are Social pada Januari 2021.

Sekadar informasi, We are Social adalah agensi kreatif yang kerap menyurvei lingkup dunia maya dengan skala global, meliputi media sosial serta perilaku pengguna e-commerce berskala global.

Kemudian di bawah Indonesia ada India, Afrika Selatan, dan Malaysia. Diketahui, rata-rata pengguna media sosial yang mengaktifkan penyaring iklan dalam skala global ialah 42,7%.

Selain penyaring iklan, Indonesia pun berada di urutan 3 teratas perihal penggunaan voice command atau komando suara.

Tercatat bahwa ada 51,9% dari total jumlah pengguna teknologi digital di Indonesia menggunakan fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) ini untuk menunjang kegiatan keseharian. Sementara, dalam skala global, pengguna voice command di dunia mencapai 45,3% saja.

Dalam konteks itu, India berada di urutan pertama dengan persentase 58,1% warganya menggunakan AI tersebut. Lalu disusul oleh Cina dengan persentase 55,7%.

(LH)