Ingin Terus Relevan, Tokopedia Ikuti Tren

Addiction.id-Jakarta. Usaha Tokopedia untuk tetap relevan dan mengikuti tren masyarakat membikin popularitasnya kian mendulang di 2021 ini.

Diketahui, data terbaru SimilarWeb menunjukkan bahwa Tokopedia merupakan platform belanja online yang paling banyak dikunjungi di Indonesia sepanjang Januari 2021.

Head of Brand and Social Media Tokopedia Raditya Beer mengungkapkan bahwa pihaknya memang selalu punya inisiatif dan sesuai dengan kebutuhan dan tren yang ada.

“Hal ini sejalan dengan salah satu DNA Tokopedia, yaitu Focus on Consumer,” sambung Raditya melalui keterangan tertulis, Jumat (26/2).

Adapun prinsip tersebut terwujud dalam Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show Tokopedia. Acara ini mengikuti tren Korean Wave, yang saat ini menggema di Indonesia dan dunia.

Di acara tersebut, turut hadir deretan grup idola dari Korea Selatan seperti Secret Number, Treasure, dan NCT. Bahkan, BTS dan Blackpink yang punya banyak penggemar di seluruh belahan dunia pun hadir.

“Ini adalah upaya Tokopedia untuk tetap relevan dengan pasar Indonesia di mana Korean Wave semakin diminati masyarakat, terutama anak muda,” jelas Raditya.

Lebih lanjut, Raditya mengatakan bahwa pihaknya bisa membawa nama Indonesia ke panggung global dengan bekerja sama dengan mega bintang global seperti BTS dan Blackpink.

Terbukti, kehadiran kedua mega bintang di acara itu membuat Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show Tokopedia ditonton lebih dari 15 juta kali, baik di platform Tokopedia Play maupun di kanal YouTube resmi Tokopedia. Hal ini membikin Tokopedia sempat trending di Indonesia dan dunia.

Perihal kesuksesan Tokopedia, Raditya berpesan bahwa talenta digital—khususnya di bidang pemasaran, harus memiliki pandangan visioner agar bisa selalu relevan dengan audiens.

“Harus punya rasa penasaran yang tinggi agar tak berhenti belajar dan bisa berpikir jauh ke depan. Dalam hal pemasaran digital, dibutuhkan pula kecepatan dalam mengadopsi platform media sosial baru agar selalu bisa menjadi solusi yang relevan bagi audience,” jelas dia.

(LH)