Tokopedia Jadi Platform Belanja Online Terfavorit

Addiction.id-Jakarta. Tokopedia menjadi platform belanja online yang paling banyak dikunjungi di Indonesia sepanjang Januari 2021. Kemudian disusul Shopee, Bukalapak, Lazada dan seterusnya. Hal ini berdasarkan data SimiliarWeb terbaru.

Data tersebut menunjukkan bahwa Tokopedia memiliki traffic share sebesar 32,04% atau naik 14,18%. Platform ini pun memiliki pengunjung bulanan yang mencapai 129,1 juta orang. Didapati pula bahwa kunjungan ke Tokopedia didominasi melalui mobile sebesar 62,7%, sementara sisa 37,3%-nya dari desktop. Adapun rata-rata durasi kunjungan ke Tokopedia sebesar 6 menit 37 detik.

Di bawah Tokopedia, ada Shopee dengan traffic share sebesar 29,78% dan kunjungan per bulannya mencapai 120 juta orang. Platform ini paling banyak diakses melalui mobile sebanyak 72,4% dan desktop 21,3%. Kemudian rata-rata durasi kunjungan 6 menit 30 detik.

Selanjutnya Bukalapak dengan traffic share 8,23%. Adapun pengunjung bulanan Bukalapak sebanyak 33,16 juta. Aplikasi ini paling banyak diakses melalui mobile 78,7%, sementara desktop 21,3%. Rata-rata waktu kunjungan 4 menit 10 detik.

Di peringkat keempat ada Lazada dengan traffic share 7,11%. Jumlah pengunjung per bulan mencapai 28,66 juta. Sama seperti yang sebelum-sebelumnya, platform ini lebih banyak diakses melalui mobile dengan persentase 80,7%, sedangkan desktop 19,3%. Kunjungan ke Lazada rata-rata berdurasi 6 menit 34 detik.

Sementara di peringkat lima ada Blibli dengan traffic share 4,22% dan jumlah kunjungan bulanan sebanyak 16,99 juta. Blibli paling banyak diakses melalui mobile dengan porsi 64,7% dan desktop 35,3%. Rata-rata durasi kunjungan 3 menit.

Masih berpacu pada data yang sama, di peringkat enam hingga 10 secara berurutan ada iPrice, Amazon, Cekresi, Ralali, dan JD.ID.

(LH)