Iklan Toyota Tampilkan Realita Pengendara Lalu Lintas di Indonesia

Addiction.id-Jakarta. Kontekstual atau tetap relavan dengan masyarakat merupakan salah satu kunci keberhasilan promosi. Promosi, seperti melalui iklan, yang memanfaat kunci ini akan merebut atensi audiens dan pesan pun cenderung mudah untuk diingat. Tentu saja para pengiklan tak bisa mengabaikan kunci ini.

Misalnya, iklan Toyota Yaris Joker yang beberapa hari belakangan ini menjadi viral. Selain menampilkan keunggulan produk, materi iklan juga dinilai sangat menggambarkan watak pengendara Indonesia dan lalu lintasnya.

Mula-mula, video iklan menampilkan pengendara motor yang ‘cengtri’ alias boncengan bertiga dan melawan arah jalan. Motor ini nyaris menabrak mobil pengguna Toyota Yaris. Lalu iklan menunjukkan, mobil ini punya fitur yang bisa mengantisipasi seandainya tabrakan terjadi. Fitur yang dimaksud ialah SRS Airbag, yang ditempatkan di 7 titik dan bisa mengembang otomatis.

Kemudian video menampilkan scene di mana mobil terhenti di tanjakan, lantaran ada mobil pick up di depannya berhenti. Dengan fitur Hill Start-Assist, mobil bisa mundur saat di tanjakan guna menghindari kejatuhan barang dari mobil pick up yang ada di depannya.

Lalu saat berhadapan dengan pengendara ugal-ugalan yang nekat menerobos lampu merah, Toyota Yaris bisa menghindari mobil tersebut untuk menghindari tabrakan tanpa oleng. Hal ini berkat fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang membantu mobil tetap stabil pada kondisi apa pun.

Iklan Toyota Yaris tersebut pertama kali diunggah di akun YouTube ToyotaIndonesia pada Maret 14 Maret 2018. Iklan ini menjadi viral setelah beberapa waktu lalu setelah diunggah oleh warganet di media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Sekadar informasi, di 2021 ini, Toyota sendiri telah memperbarui hatchback Toyota Yaris sehingga tampaknya tak lagi seperti ‘joker’. Adapun hatchback ini sama dengan yang dirilis di Thailand pada Agustus 2020 lalu.

(LH)