Produknya Diulas Youtuber, Eiger Layangkan Surat Keberatan

ADdiction.id-Jakarta. Beberapa waktu lalu, Eiger Indonesia melayangkan surat keberatan kepada Youtuber Dian Widiyanarko, yang pernah mengulas produknya

Surat tersebut kemudian viral setelah Dian mengunggahnya di Twitter, Facebook, dan Instagram miliknya pada Kamis (28/1) lalu.

“Halo @eigeradventure jujur kaget saya dapat surat begini dari anda. Lebih kaget lagi baca poin keberatannya, saya kan review produk ga anda endorse. Kalau anda ngendorse dan ngiklan boleh lah komplen begitu. Lha ini beli, gak gratis, lalu review pake alat sendiri,” pungkas dia, dikutip dari Twitter @duniadian.

Untuk diketahui, pada surat keberatan itu, Eiger menyebutkan tiga hal yang membikin pihaknya keberatan atas ulasan Dian.

Pertama, kualitas video buatan Dian dinilai kurang baik dari segi pengambilan gambar, sehingga membuat produk nampak berbeda. Kedua, adanya suara di luar video atau noise yang mengganggu tayangan sehingga informasi tak jelas. Ketiga, latar pengambilan video dinilai kurang layak. Karenanya, perusahaan meminta Dian untuk memperbaiki konten atau menghapusnya.

Dian mengatakan, seharusnya manajemen Eiger berterima kasih atas ulasan dirinya. Sebab perusahaan dipromosikan secara cuma-cuma.

Cuitan Dian di Twitter itu rupanya didukung oleh banyak warganet. Bahkan, banyak di antara mereka yang menyayangkan dan mengkritik sikap Eiger Indonesia. Salah satunya Raesaka, seorang warganet yang juga sutradara iklan, yang kerap menggarap proyek suatu brand.

“Maksud dan tujuan awalnya saja sudah salah. Tolong dibedakan antara reviewer sukarela (gratisan) dengan seseorang ataupun production house yang kalian bayar untuk mengerjakan video produk kalian (yang bisa kalian revisi sampai puas),” pungkas dia melalui cuitan akunnya, @Raesaka.

Menanggapi hal ini, perusahaan menerbitkan surat lain yang berisikan permohonan maaf kepada Dian.

“Atas nama perusahaan PT Eigerindo Multi Produk Industri (MPI), sebagai perusahaan yang menaungi merk EIGER Adventure, dengan rendah hati kami menyampaikan permintaan maaf sebesar-besarnta kepada masyarakat atas masalah yang terjadi,” tulis CEO Eiger Ronny Lukito melalui surat tersebut, Kamis (28/1).

Ronny menyadari sikap timnya tidak tepat. Dia pun berdalih bahwa surat itu sebetulnya merupakan masukan agar pengulas memperbaiki kualitas unggahannya. “Tetapi sekali lagi, kami menyadari bahwa cara penyampaian kami salah,” lanjutnya.

Dibikin parodi brand lain
Setelah perkara itu viral, banyak brand yang menjadikan momen itu untuk promosi dengan memparodikan surat Eiger. Misalnya, brand Daihatsu, Grab, Happy Fresh, hingga Durex.

Penasaran? Berikut ini wajah parodinya.

LH