Facebook “Buka-bukaan” ke Akademisi Soal Data Iklan Politik

ADdiction.id-Jakarta. Baru-baru ini, Facebook berencana akan membuka informasi perusahaannya kepada peneliti akademis.

Adapun informasi yang dimaksud terkait bagaimana iklan politik menargetkan audiens, menjelang pemilihan presiden di Amerika Serikat tahun lalu.

Facebook mengatakan informasi itu meliputi kriteria data penargetan—seperti lokasi dan minat, yang dikelola oleh pengiklan yang menayangkan iklan isu sosial, pemilu atau politik, dikutip dari Rey, Selasa (26/01).

Facebook menambahkan, kiranya ada lebih dari satu juta iklan yang tayang antara 3 Agustus hingga 3 November.

Lebuh lanjut, Facebook mengatakan, akademisi dan peneliti bisa mengajukan permohonan akses informasi tersebut melalui platform Facebook Open Research & Transparency (FORT) pada 1 Februari.

Untuk diketahui, Facebook dan Google Alphabet saat ini telah menghentikan iklan politik setelah pemilihan presiden. Langkah ini termasuk upaya untuk mengawasi misinformasi dan pelanggaran lainnya.

(LH)