Inovasi TikTok Mengacaukan Pasar Media Sosial

Addiction.id-Jakarta. Forbes melabeli TikTok sebagai media sosial pengganggu yang inovatif di Kompetisi Inovasi Media Sosial Forbes pada pekan lalu. Penerbit ini menilai aplikasi tersebut kian mendominasi, bahkan berhasil bertengger sejajar dengan aplikasi pendahulunya, seperti Instagram dan Youtube.

Menanggapi hal itu, salah satu pimpinan Instagram Adam Mosseri mengatakan bahwa persaingan Instagram dengan TikTok memang berat, dikutip dari CNBC pada Kamis (10/12).

Ia pun menilai TikTok punya fokus yang baik dan tekad kuat dalam menghasilkan konten.

Mosseri kemudian mengatakan, pihaknya akan mengejar ketertinggalan terkait popularitas dengan membuat fitur-fitur yang bisa menarik banyak pengguna, seperti Reels.

“Kami mencoba mengejar ketinggalan banyak hal, dengan membangun serangkaian fitur bagi pengguna untuk menginspirasi mereka agar dapat menggunakan platform kami lebih banyak, karena tanpa konten yang menarik tidak ada alasan untuk pergi ke Reels.”

Selain itu, pihaknya akan membuat fitur yang memungkinkan penggunanya membuat konten dan menghasilkan keuntungan lewat Instagram.

Ia mengaku khawatir penggunanya memilih pesaingnya seperti Snap dan YouTube Google.

“Penting bagi kami untuk menciptakan cara yang baru bagi pembuat konten untuk mencari nafkah di Instagram, karena jika tidak, mereka akan pergi ke aplikasi kompetitor,” kata Mosseri, Kamis (10/12).

Diketahui, Forbes sebelumnya merilis penerima Penghargaan Media Sosial Forbes 2020. Nama TikTok masuk dan disebut sebagai inovator paling disruptif di tahun ini.

Kehadiran TikTok memperberat kompetisi inovasi antarmedia sosial seperti Instagram hingga Facebook. Upaya media sosial lain untuk menyaingi TikTok tetap tak bisa mengalahkan keunggulan TikTok.

Tak ayal bila, Tiktok dijuluki inovator pengganggu karena bisa menciptakan pasar baru dan mengganggu pasar media sosial yang sudah ada.

Adapun TikTok sendiri memiliki 55 juta pengguna pada 2018. Kemudian pada 2020, penggunanya melonjak hingga 690 juta pengguna.

(LH)