Facebook Sebut Kebijakan Baru Apple Menghambat Bisnis Iklan

Channel9.id-Jakarta. Hubungan Apple dan Facebook sedang tak baik-baik saja. Pasalnya, keduanya tak akur lantaran perbedaan pendapat terkait kebijakan privasi terbaru di iOS 14.

Kabar teranyar, Facebook menghapus centang biru di halaman resmi Apple yang ada di platformnya. Hal ini pertama kali disadari oleh konsultan media sosial Matt Navarra.

“Facebook telah menghapus centang biru verifikasi halaman Apple,” kata Navarra melalui akun Twitter-nya, Sabtu (26/12).

Untuk diketahui, centang biru tersebut menandakan bahwa halaman itu resmi dan telah diverifikasi identitasnya

Navarra kemudian memperlihatkan halaman Facebook milik pesaing Apple, seperti Google dan Samsung, masih memiliki centang biru. Sementara, akun Apple di Instagram masih memiliki centang biru.

Kepada Navarra, Facebook menyebut halaman resmi Apple di platformnya memang tak pernah diverifikasi, jadi tak pernah memiliki centang biru. Admin Apple dikabarkan tak pernah mendaftarkan halamannya untuk diverifikasi.

Sebagai informasi, gesekan antara Apple dan Facebook dimulai ketika Apple mengenalkan aturan privasi baru di iOS 14. Aturan ini akan membatasi kemampuan aplikasi dalam mengumpulkan data dari pengguna ponsel, yang nantinya akan dijadikan target untuk iklan di Facebook.

Facebook menilai aturan tersebut akan mengancam bisnis iklan mereka.

Merespons aturan Apple, Facebook memasang iklan sehalaman penuh di sejumlah surat kabar yang isinya mengkritik kebijakan baru Apple. Facebook berdalih bahwa perusahaannya membela usaha kecil.

Apple kemudian mengatakan bahwa Facebook tak perlu mengubah pendekatan mereka, dalam memantau pengguna dan menjadikannya sebagai target iklan.

(LH)