Belanja Iklan Diprediksi Naik, Stasiun TV Optimis Membaik

Addiction.id-Jakarta. PT Surya Citra Media Tbk., emiten yang mengelola stasiun tv SCTV dan Indosiar, optimis bahwa peningkatan belanja iklan akan mendongkrak kinerjanya di tahun depan.

Diketahui sebelumnya, Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) memprediksi nilai belanja iklan di Indonesia naik di kisaran 7,5—10% pada 2021. Adapun pangsa pasar didominasi dari TV dan internet, dengan prediksi masing-masing menguasai sekitar 60% dan 25% pangsa iklan. Sementara, sisanya dari media lain seperti radio dan media luar ruang.

Corporate Secretary Surya Citra Media Gilang Iskandar menilai bahwa prospek kenaikan belanja iklan tersebut merupakan kabar segar bagi perseroan.

“Artinya ada potensi kenaikan pendapatan bagi stasiun tv. Oleh karena itu, semua potensi airtime yang ada akan dimaksimalkan termasuk program unggulan ataupun program baru,” kata Gilang, dikutip dari Bisnis, Minggu (20/12).

Selain itu, emiten dengan kode SCMA itu siap meraih peluang dari prospek kenaikan belanja iklan di digital.

Gilang menuturkan bahwa sebagian grup media sudah merambah ke platform digital. Dengan adanya prospek kenaikan belanja iklan, ia yakin bisa memaksimalkan pendapatan pada tahun depan.

Hingga kuartal III/2020, SCMA memperoleh pendapatan sebesar Rp3,58 triliun. Angka ini turun 13,5%, jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu yang mendapat Rp4,14 triliun. Penurunan pendapatan ini disebabkan oleh menurunnya pendapat iklan hingga 16,16% menjadi Rp4,11 triliun, jika dibandingkan dari perolehan di periode yang sama pada tahun lalu, Rp4,9 triliun.

Namun, pelemahan kinerja top line SCMA bisa ditahan dengan meningkatnya pendapatan lain-lain hingga 31,9% menjadi Rp277,36 miliar, serta menciutnya potongan penjualan sebesar Rp806,63 miliar.

Sementara itu, SCMA membukukan laba periode berjalan sebelum penyesuaian rugi merging entities yang bisa diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp913,6 miliar, terkoreksi 9,3% daripada perolehan periode yang sama tahun lalu.

(LH)