Iklan Vaksin Covid-19 Beredar, Ini Respons Bio Farma

Addiction.id-Jakarta. Iklan pre-order vaksin Covid-19 yang menawarkan jalur mandiri alias berbayar telah beredar di media sosial. Iklan ini mengklaim dari sejumlah fasilias kesehatan.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Bio Farma Bambang Heriyanto menuturkan bahwa pemerintah masih menyelesaikan skema pelaksanaan vaksinasi Covid-19, baik untuk kebutuhan program bantuan pemerintah maupun mandiri.

Sementara itu, Bambang menjelaskan bahwa Bio Farma belum melaksanakan sistem pelayanan pre-order untuk vaksinasi Covid-19 jalur mandiri.

“Saat ini, Bio Farma masih mengembangkan sistem yang akan digunakan untuk pemesanan pre-order vaksinasi Covid-19 khususnya untuk jalur mandiri,” lanjutnya melalui keterangan tertulis, Minggu (13/12).

“Dan hingga saat ini, belum ada ketentuan maupun pengaturan teknis dari pemerintah terkait hal tersebut, dan yang terpenting adalah, pelaksanaan vaksinasinya sendiri, tetap menunggu izin penggunaan dari Badan POM,” sambung dia.

Sementara itu, perihal penyediaan layanan vaksinasi Covid-19—seperti rumah sakit, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnya—Bambang memastikan masih dilakukan proses pendaftaran dan verifikasi, untuk jalur mandiri, melalui asosiasi-asosiasi resmi.

Lebih lanjut, Bio Farma mengimbau para penyedia layanan kesehatan untuk menunggu pengumuman resmi pemerintah, terkait petunjuk teknis pelaksanaan pemesanan pre-order vaksinasi Covid-19 jalur mandiri.

(LH)