Terlaris per November, TikTok Salip YouTube

Addiction.id-Jakarta. TikTok dinyatakan sebagai aplikasi non-game paling laris di seluruh dunia per November 2020. Pendapatannya pun lebih tinggi daripada saingannya, YouTube.

Sensor Tower melaporkan bahwa per November, para pengguna TikTok diperkirakan mengeluarkan lebih dari USD 123 juta atau setara Rp 1,7 triliun. Angka ini menunjukkan kenaikan 3,7 kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Pendapatan tersebut merupakan hasil akumulasi dari para pengguna yang smartphone berbasis Android dan iOS. Memang TikTok merajai App Store. Namun, di Play Store, aplikasi ini justru peringkatnya paling buncit.

Sensor Tower juga mengungkapkan bahwa 85% pendapatan TikTok ini bersumber dari penggunanya di Douyin, Cina. Kemudian disusul 8% pengguna dari Amerika Serikat dan 2% dari Turki.

Sementara itu, YouTube yang lebih dulu hadir sebelum TikTok ada di urutan kedua. Pendapatan yang dikantongi YouTube diperkirakan mencapai USD 88 juta atau Rp 1,2 triliun.

Sensor Tower menyebut YouTube tumbuh dari tahun ke tahun sebesar 59%. Keuntungannya datang dari pengguna dari Amerika Serikat sebanyak 53%, lalu 11% dari Jepang.

Lebih lanjut, aplikasi terlaris non-game di peringkat ketiga dan seterusnya per November 2020 ialah Tinder, Disney+, Tencent Video, iQIYI, Piccoma, Google One, Netflix, dan Bigo Live.

(LH)