Aturan Hingga Daftar Pemenang ”Agency of The Year”

Addiction.id-Jakarta. Citra Pariwara selalu mengumumkan Agency of The Year setelah membeberkan nama-nama agensi yang memenangkan penghargaan di masing-masing panel lomba.

Untuk diketahui, di 2020 ini ada lima panel yang dilombakan, di antaranya creative agency category, digital agency category, media agency category, production house: print craft category dan production house: film & radio craft category.

Sebelum Agency of The Year diumumkan, Ketua Pelaksana Citra Pariwara 2020 Reza Fitriano kembali mengingatkan peserta tentang aturan dan penghitungan skornya.

Mula-mula, ia menjelaskan bahwa kreatif agensi bisa mendaftarkan karyanya di panel lain. Namun, untuk perhitungan Agency of The Year, mereka hanya mendapat total nilai dari kreatif agensi saja.

“Misalnya, kreatif agensi A daftar di panel digital. Di saat dia mendapatkan metal, metalnya memang dihitung. Tapi untuk perhitungan Agency of The Year, nilai dari kreatif agensi saja yang dihitung,” jelasnya pada Malam Penghargaan Citra Pariwara 2020, Jumat malam (11/12).

Reza selanjutnya memaparkan juri mana saja yang menilai Agency of The Year.

“Judging panel 1 menentukan Creative Agency of The Year, judging panel 2 menentukan Digital Agency of The Year, judging panel 3 menentukan Media Agency of The Year, judging panel 4 dan 5 menentukan Production House of The Year, serta judging panel 1, 2, dan 3 menentukan Advertiser of The Year,” jelas dia.

Selain itu, penentuan Agency of The Year juga dihitung berdasarkan skoring masing-masing metal dan finalis—yang didapat dengan meman. Secara rinci, Reza menjelaskan, untuk finalis nilainya 0, bronze 1 poin, silver 3 poin, gold 6 poin, dan grand prix 9 poin. 

“Perlu diingat, untuk tahun ini, tidak ada gold. Jadi sama sekali tidak akan ada grand prix winner,” imbuhnya.

Ia menambahkan, bila ada finalis yang skornya sama, maka jumlah finalis akan dihitung sebagai acuan yang menentukan kemenangan Agency of The Year.

Lebih lanjut, Reza dan panitia berterima kasih kepada para peserta hingga pendukung Citra Pariwara. “Kami mengucapkan kepada semua teman-teman di industri atas semangatnya yang diberikan ke industri ini meski sedang pandemi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh sponsor karena  kepeduliannya terhadap industri kami,” katanya.

Ia pun menghaturkan selamat kepada para pemenang. “Kami selaku panitia mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang malam ini. Bagi yang belum beruntung, temui kami lagi tahun depan,” tutup Reza.

Adapun berikut ini daftar agensi yang menyabet “Agency of The Year”.

CREATIVE AGENCY OF THE YEAR

  1. Flock Creative Network (5 Silver, 16 Bronze, 50 Finalis = 21 Poin)
  2. Romp (14 Bronze, 31 Finalis = 14 Poin)
  3. AMBILHATI (6 Bronze, 13 Finalis = 6 Poin)
  4. bujukrayu (4 Bronze, 13 Finalis = 4 Poin)
  5. M&C Saatchi Indonesia (4 Bronze, 4 Finalis = 4 Poin)

DIGITAL AGENCY OF THE YEAR

  1. SAC (1 Bronze, 4 Finalis = 1 Poin)
  2. Redcomm Indonesia (3 Finalis = 0 Poin)
  3. Berakar Komunikasi (2 Finalis = 0 Poin)
  4. i-dac Indonesia (2 Finalis = 0 Poin)

MEDIA AGENCY OF THE YEAR

  1. Isobar ( 2 Bronze, 9 Finalis = 2 Poin)
  2. Wavemaker (GroupM) (2 Finalis = 0 Poin)
  3. Kompas Daily = (1 Finalis = 0 Poin)

PRODUCTION HOUSE OF THE YEAR

  1. Plush Pictures (1 Silver, 10 Bronze, 12 Finalis = 13 Poin)
  2. Seven Sunday Films (2 Silver, 5 Bronze = 11 Poin)
  3. Lynxfilms (1 Silver, 6 Bronze, 32 Finalis = 9 Poin)
  4. Meraki Film (1 Silver, 6 Bronze, 6 Finalis = 9 Poin)
  5. Think Tank Indonesia (1 Silver, 6 Bronze, 5 Finalis = 9 poin)

ADVERTISER OF THE YEAR

  1. PT Rekso Nasional Food (5 Silver, 9 Bronze, 10 Finalis = 24 Poin)
  2. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (1 Silver, 8 Bronze, 6 Finalis = 11 Poin)
  3. PT Ecart Webportal Indonesia (Lazada Indonesia) (1 Silver, 3 Bronze, 3 Finalis = 6 Poin)
  4. PT Procter & Gamble Indonesia Tbk (6 Bronze, 11 Finalis = 6 Poin)
  5. Koperasi PT DANI (5 Bronze, 7 Finalis = 5 Poin)

(LH)