MasterClass Citra Pariwara 2020, Kreativitas Kunci Hadapi Perubahan Teknologi

Addiction.id-Jakarta. Oddie Randa selaku Country Director Gushcloud Indonesia menegaskan, kreativitas adalah kemampuan berpikir yang tetap ada dan dibutuhkan meski teknologi kian berubah.

Bahkan, semakin banyak masalah yang akan dihadapi, daya kreativitas seseorang akan sering muncul untuk menghadapi masalah itu.

“Jadi kreativitas akan terus jalan. Dia akan selalu punya tempat karena kreativitas adalah senjata yang tajam banget,” ujar Oddie dalam Masterclass ‘Creativity Is All It Takes’ yang digelar Citra Pariwara 2020, Kamis (10/12).

Terlebih di masa pandemi ini, Oddie menilai, kreativitas bisa menjadi solusi. Dengan kreativitas akan muncul ide-ide baru supaya mampu menghadapi tantangan pandemi.

“Karena itu, daya kreativitas kita harus dilatih terus. Kita harus mencoba tetap bergerak, kalau diem lu akan ketinggalan,” katanya.

Senada disampaikan Chief Brand Office Switch Mobile Lembu Wiworo Jati. Dia menilai, dengan kreativitas semua masalah bisa dihadapi. Terlebih, semua orang memiliki kreativitas.

“Setiap manusia punya daya kreatif tergantung cara memanfaatkan dan mengolah energi kreatif itu. Bikin CV aja kita perlu kreatif,” ucapnya.

“Karena itu tiap orang punya bakat kreativitas. Misalnya bisnis, bagaimana kita melatih dan memfokuskan hal itu. Jadi tiap tempat punya daya kreatif dan paling penting cara berpikir kreatif itu,” lanjut Lembu.

Lembu menambahkan, menghadapi masalah adalah sumber memunculkan daya kreativitas. Karena itu, dirinya menyukai tantangan dan suka mengambil risiko.

Selain menghadapi tantangan, belajar untuk mendapatkan ilmu-ilmu baru juga penting untuk meningkatkan kreativitas, terutama di era digital ini. Tanpa belajar, potensi memaksimalkan kreativitas akan sulit dilakukan.

“Zaman ga bisa dilawan tapi harus diajak berkawan. Kita dipaksain di sini, jadi kita harus melakukan sekarang, kalau tidak kita akan tergerus,” katanya.

Dengan menambah ilmu baru, Lembu menilai kita akan mudah untuk menghadapi perubahan teknologi. Bahkan, teknologi bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mewujudkan kreativitas.

“Karena kan tekonologi didesain membuat sesuatu lebih mudah. Ini juga tentu membuat mewujudkan krearivitas seseorang,” pungkasnya.

(HY)