Transaksi Selama Harbolnas 12.12 Diprediksi Lebih Tinggi dari Tahun Sebelumnya

Addiction.id-Jakarta. Hari belanja online nasional atau harbolnas 12.12 sebentar lagi tiba. Perayaan ini diikuti oleh sejumlah perusahaan e-commerce besar seperti Tokopedia, Shopee, hingga Zalora.Tentu saja kesemuanya telah menyiapkan promo dan diskon untuk merayakan momen tersebut.

Menurut platform periklanan Criteo, transaksi selama festival belanja ini diprediksi lebih tinggi daripada tahun lalu lantaran terdongkrak pandemi Covid-19.

Bukalapak
Bukalapak menawarkan cashback hingga Rp 5 juta selama 25 November hingga 18 Desember. Ada pula empat kali flash deal sehari dengan potongan harga minimal 20% untuk elektronik seperti iPhone, PlayStation, Nintendo, laptop dan televisi. Perusahaan juga merilis layanan pengiriman barang BukaExpress dan memberi voucher hingga gratis ongkir Rp50 ribu.

“Kami berusaha memberikan penawaran semenarik mungkin bagi seluruh pengguna,” ujar VP of Marketing Bukalapak Erick Wicaksono, Senin (7/12).

Ia melanjutkan, nilai transaksi bruto atau gross merchandise value (GMV) meningkat lebih dari 20% dibanding harbolnas tahun lalu. Ia percaya nilainya akan lebih tinggi pada puncak acara.

Shopee
Di Shopee akan ada potongan harga hingga 90% dan flash sale Rp12 ribu. Terdapat pula promosi ShopeePay serba Rp 1 selama 1 hingga 12 Desember, dan Shopee Gajian Sale saat Natal.

Perusahaan asal Singapura ini juga berencana menampilkan bintang K-Pop seperti GOT7 dan Stray Kids. “Belanja online telah menjadi pusat kehidupan masyarakat banyak,” ujar Head of Brands Management and Digital Products Shopee Indonesia Daniel Minardi pada Jumat lalu (4/12).

Zalora
Zalora memberi diskon hingga 90% selama 1 hingga 17 Desember. “Kami selalu bersemangat menyiapkan pesta diskon terbesar di akhir 2020, karena antusiasme masyarakat terus meningkat setiap tahunnya,” tutur CEO Zalora Anthony Fung, Senin, 30 November lalu.

Tokopedia
Tokopedia juga turut menawarkan promo berupa diskon 99% untuk produk elektronik dan 90% atas produk furnitur.

Lazada
Lazada pun menggelar festival belanja 12.12. Mereka menawarkan diskon hingga 99% dan gratis ongkos kirim.

Lebih lanjut, Criteo menyebutkan bahwa harbolnas menjadi festival belanja yang paling diminati konsumen Indonesia. Berkaca pada tahun lalu, penjualan tumbuh hingga 304%. Pertumbuhannya jauh lebih tinggi dibandingkan 11.11 196% maupun 10.10 268%. Demikian pula lalu lintas atau traffic. Pada 12.12 pertumbuhannya 157%, sementara 11.11 86% dan 10.10 119%.

“Festival belanja 12.12 terus menjadi momen retail utama untuk regional, khususnya Indonesia. Kami terus melihat rekor baru dalam penjualan traffic setiap tahun,” ungkap Director of Account Strategy for Large Customers, SEA, Hong Kong and Taiwan Pauline Lemaire pada Kamis lalu (3/12).

(LH)