Gojek Rilis GoScreen, Layanan Iklan Media Luar Ruang Modern

Addiction.id-Jakarta. Gojek merilis GoScreen melalui anak perusahaannya yang bergerak di bidang periklanan, Promogo pada Senin (09/11). Untuk diketahui, GoScreen merupakan layanan periklanan media iklan luar ruang atau out of home (OOH).

Layanan tersebut menyuguhkan teknologi terkini, sehingga iklan akan lebih efektif, optimal, dan tepat sasaran. Ia berwujud layar LED berukuran 22 inci yang dipasang di jok belakang ojek online Gojek. Layar ini tahan air dan terkoneksi dengan internet Wifi, Bluetooth, Vim 4G, dan GPS.

Berbeda dengan iklan OOH biasa yang statis, GoScreen disebut memiliki beberapa keunggulan. Adapun di antaranya yaitu mobilitas, konten sesuai audience atau area, serta pengukuran performa.

Menurut Chief Commercial Officer Gojek Antoine de Carbonnel, hal yang menjadi tantangan utama pengguna iklan OOH saat ini ialah mengukur efektivitas dan kinerja iklan.

“GoScreen menjawab ini melalui teknologi yang mampu mengukur kinerja iklan berdasarkan lokasi dan waktu secara tepat sehingga memberikan pengiklan laporan yang lengkap. Di sisi lain, mitra driver roda dua yang berpartisipasi juga bisa memiliki pendapatan tambahan,” tutur Antoine.

Ia yakin inovasi tersebut mengundang antusiasme dari pengiklan. Pasalnya, inovasi ini termasuk salah satu dari 12 tren teknologi periklanan yang akan terus berkembang. Hal ini terbukti dengan adanya performa positif pada bisnis Promogo selama dua tahun terakhir.

Hingga kuartal ketiga 2020, seluruh solusi OOH dari Promogo mengalami peningkatan pertumbuhan bisnis sebesar 40%. Ini juga mencakup lebih dari 50.000 mitra pengemudi yang tergabung dan menghasilkan impresi sebesar 15 miliar kali penayangan.

Direktur Promogo Kiranjeet Purba menyebut bahwa GoScreen memberi solusi periklanan kepada pemilik brand, yang lebih terukur secara data dan harga yang kompetitif.

“Brand bisa mengoptimalkan iklan mereka secara real-time, serta memonitor performanya melalui online dashboard khusus yang transparan dan jelas,” sambungnya.

Saat ini layanan GoScreen masih tersedia di Jakarta. Rencananya akan merambah kota kedua dan ketiga pada 2021. Pengenalan layanan GoScreen pada kuartal keempat ini juga diharap bisa menjadi solusi bagi agensi yang membuat rencana pengiklanan 2021.

(LH)