Marak Hoaks UU Ciptaker, Menkopolhukam Minta KPI Buat Iklan Untuk Sosialisasi

Addiction.id-Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bisa memberdayakan iklan layanan masyarakat untuk menyosialisasikan UU Cipta Kerja.

“Jangan lupa sosialisasi tentang UU Cipta Kerja yang baru saja disahkan di DPR RI,” ujar Mahfud di rapat koordinasi nasional (Rakornas) KPI 2020 secara daring, dikutip dari Kompas pada Senin (2/11).

Ia bahkan menilai pemanfaatan iklan layanan masyarakat memang wajib dilakukan KPI. Tujuannya untuk menyadarkan dan memberi informasi dengan baik kepada masyarakat, serta mencerdaskan bangsa.

Lebih jauh, Mahfud mengatakan bahwa banyak isu yang bisa diangkap KPI melalui iklan layanan masyarakat. Misalnya, informasi soal penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Harapannya agar publik bisa teredukasi melalui pesan iklan layanan masyarakat.

“Tentunya informasi tersebut harus tepat, akurat, dan memiliki nilai serta mempunyai efek yang luas,” imbuh dia.

Untuk diketahui, saran Mahfud merupakan tanggapan atas ramainya hoaks terkait UU Cipta Kerja–menurut sudut pandang pemerintah, beberapa waktu lalu. Menurutnya, hoaks membuat suasana menjadi tak kondusif.

Berangkat dari hal tersebut, memberdayakan iklan layanan masyarakat menjadi salah satu cara untuk menyebarkan informasi.

(LH)