Ada Fitur Baru, Pebisnis Lebih Mudah Jualan di WhatsApp

Addiction.id-Jakarta. Baru-baru ini, layanan perpesanan WhatsApp merilis fitur belanja di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Fitur ini disebut bisa membantu pebisnis untuk berjualan dan berinteraksi dengan konsumen.

WhatsApp mengatakan fitur ini tampil sebagai tombol belanja, yang bila diklik akan menampilkan katalog produk. Namun, fitur ini belum mumpuni untuk transaksi. Kendati demikian, konsumen tetap bisa lebih cepat dan mudah membeli produk.

Adapun alasan WhatsApp merilis fitur ini ialah karena semakin banyak pengguna yang mengandalkan layanannya untuk berbisnis. Terlebih dengan hadirnya pandemi yang menuntut proses bisnis yang cepat dan efisien dalam melayani pelanggan dan mendorong penjualan.

“Kami mendengarkan masukan yang kami terima mengenai hal apa saja yang dapat membantu bisnis dan kami yakin bahwa WhatsApp dapat membuat perpesanan menjadi cara terbaik untuk menghubungkan pelanggan dan bisnis,” terang WhatsApp melalui keterangan resminya, Kamis (22/10).

Melalui fitur baru ini, WhatsApp memberi pengalaman kepada para pengguna untuk melihat katalog produk dan bisa membeli produk melalui chat.

Untuk diketahui, fitur ini bisa dinikmati lewat pembaruan yang tersedia untuk pengguna iOS dan Android.

Lebih lanjut, WhatsApp akan memberi opsi baru kepada pebisnis untuk mengelola pesan WhatsApp melalui layanan hosting. Opsi ini bisa mempermudah bisnis kecil dan menengah untuk memulai bisnis, menjual produk, memperbarui inventaris, dan merespons pesan dengan cepat.

Kepada para pengguna WhatsApp Business, WhatsApp  menyampaikan akan memungut biaya. Pungutan biaya ini untuk menyediakan dan memperluas layanan ini kepada lebih dari dua miliar pengguna.

“Kami menyadari bahwa sebagian besar pengguna akan terus menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Oleh karena itu, kami pun senantiasa berupaya mengembangkan fitur-fitur baru yang terbaik dan senantiasa melindungi percakapan privat para pengguna,” terang WhatsApp.

WhatsApp menyebut pengguna bisa memilih barang yang tersedia dalam katalog akun WhatsApp Business. Kemudian pengguna bisa menambahkannya ke keranjang belanja. Lalu melanjutkannya ke menu pembayaran dan memilih metode pengiriman, seperti e-commerce.

Kendati begitu, belum jelas pembayaran apa yang digunakan WhatsApp. Hanya diketahui pengguna bisa memilih pembayaran melalui kartu debit atau mengambil sendiri barang yang dibeli.

(LH)